Ternyata Rambut Juga Perlu Tabir Surya

Kompas.com - 25/07/2015, 11:10 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com -
Di cuaca yang panas dan terik seperti saat ini, tabir surya merupakan produk yang tidak boleh dilupakan pengaplikasiannya pada tubuh, setidaknya pada kulit. Namun, ternyata rambut Anda pun perlu diberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, perlu juga untuk mengaplikasikan tabir surya pada tiap helai rambut.

Mengapa demikian? Alasannya, sinar ultraviolet akan memudarkan warna rambut Anda. Meskipun mengenakan topi merupakan salah satu cara mudah untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari, namun cara ini tidak selalu efektif. Makanya, penting bagi Anda untuk mengaplikasikan tabir surya pada rambut layaknya pengaplikasian SPF pada kulit.

"Tabir surya untuk rambut sangat bermanfaat karena akan memberikan batas perlindungan antara Anda dengan sinar ultraviolet. Produk ini tidak hanya membantu melindungi rambut, namun juga kulit kepala Anda. Sebab, kulit kepala juga rentan akan paparan sinar matahari, khususnya di sekitar belahan rambut," jelas Jo Blackwell-Preston, pemilik Dop Dop Salon di New York City, Amerika Serikat.

Blackwell-Preston mengungkapkan, memberikan perlindungan pada rambut bukan berarti menambahkan satu langkah dalam rutinitas perawatan rambut Anda. Saat ini telah hadir banyak produk perawatan rambut yang juga memiliki fungsi perlindungan. Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan bahwa produk perawatan rambut Anda memiliki formula perlindungan terhadap sinar ultraviolet.

Beberapa produk yang dapat Anda pilih untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan sinar ultraviolet adalah minyak hidrasi atau hydrating oil yang mampu mengurangi kondisi rambut kusam, menambah kelembapan rambut, dan melindungi rambut dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, minyak ini juga mampu memberikan perlindungan bagi rambut yang terpapar panas akibat proses penataan.

Selain itu, produk lainnya adalah masker rambut, cairan semprot perlindungan terhadap panas, sampo tanpa bilas atau dry shampoo, dan tabir surya khusus untuk rambut. Selain membuat rambut tetap lembap dan terhidrasi, formulasi produk-produk tersebut juga mampu menjaga warna kulit sehingga tidak mengalami perubahan atau kerusakan akibat paparan sinar matahari.



EditorAlvin Dwipayana

Close Ads X