Lakukan 5 Hal Ini Agar Kembali Langsing Setelah Lebaran

Kompas.com - 26/07/2015, 17:50 WIB
Ilustrasi berolahraga. ShutterstockIlustrasi berolahraga.
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Perayaan Idul Fitri kental dengan nuansa liburan bersama keluarga. Berbagai hidangan lezat pun disiapkan untuk dinikmati bersama keluarga. Tak heran, jika dalam masa libur lebaran berat badan melonjak naik, bahkan menyebabkan kadar kolesterol yang juga meningkat. Berikut ini lima hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan.

 

Olahraga
Biar tubuh kembali langsing setelah Lebaran dapat ditempuh lewat olahraga atau gerakan olah tubuh. Secara lebih spesifik, olahraga yang dianjurkan sebagai tips tubuh kembali langsing setelah Lebaran adalah dengan melakukan treadmill minimal 30 menit setiap pagi untuk membakar lemak jahat yang menimbun di perut.

“Cobalah melakukan interval training, yakni program olahraga berdurasi 30 menit untuk mengubah bentuk badan. Latihannya sangat beragam, mulai dari permainan menggunakan alat hingga latihan matras. Jangan khawatir untuk Anda yang tidak memiliki alat, bisa pilih latihan berdasarkan gerakan dasar manusia, misalnya jongkok dan skipping,” ujar Diana Rocha, Instruktur Fitness dan Kordinator Aktivitas dari Vivafit, Indonesia.

 

Smoothie sayuran hijau dan buah
Segala jenis hidangan khas Lebaran seperti semur, rendang, ketupat sayur, opor ayam dan sebagainya jelas mengandung banyak minyak, santan, garam yang akan membuat bobot tubuh cepat naik. Kadar kolesterol pun akan meningkat dengan mudah, meski Anda baru saja mengonsumsi hidangan tersebut selama seminggu penuh.

Pertolongan pertama agar tubuh kembali langsing setelah Lebaran adalah dengan mengonsumsi minuman smoothie yang mengombinasikan sayuran hijau seperti brokoli, pokcoy, bayam, serta buah naga, stroberi, nanas dan tomat.

Anda pun dapat menggantinya dengan buah organik kesukaan Anda, yang tentunya mengandung banyak serat, vitamin serta zat antioksidan, seperti buah kiwi, pepaya maupun kurma.

 

Rutin meminum yogurt rendah gula
Selain baik untuk membersihkan kotoran penyebab makanan tidak sehat di lambung, minuman fermentasi seperti yogurt juga sangat baik membantu kerja lambung lebih mudah dalam mencerna sisa makanan yang sulit diolah tubuh, sebut saja aneka jenis daging merah dan santan.

 

Air hangat perasan jeruk lemon
Lemon sangat baik sebagai zat antioksidan dengan kandungan vitamin C tinggi dan sejumlah manfaat lainnya. Mari kembali mengganti jenis minuman manis semisal es sirup, es kopyor dan aneka jenis minuman manis khas Lebaran lainnya dengan air hangat perasan jeruk lemon setiap pagi mulai sekarang.

 

Berjalan dibanding duduk dan tidur
Bila jadwal cuti kantor Anda masih ada, jangan biarkan lemak penyebab tubuh gemuk menempel dengan mudahnya di tubuh. Mari membiasakan diri berjalan dan melakukan banyak kegiatan fisik seperti membereskan rumah saat pembantu mudik Lebaran ataupun menjaga anak saat si pengasug juga mudik. Berjalan sangat baik membakar lemak ketimbang hanya duduk dan tidur sambil menonton televisi dan memegang toples camilan kue. Berjalan juga menjadi solusi bagi Anda yang malas dan mudah lelah jika berolahraga berat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X