Kompas.com - 30/07/2015, 20:32 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Penyebab bau badan dikarenakan aroma kurang sedap yang berasal dari dalam tubuh dan bercampur dengan keringat. Aroma kurang sedap ini biasanya terjadi pada area ketiak dan sela-sela jari kaki. Umumnya, perkara bau badan bisa menjadi masalah dalam pergaulan. Sebab, jujur saja, apakah Anda betah berlama-lama ngobrol dengan orang yang bau badan? Tentu tidak, bukan?

Ternyata, persoalan bau badan ini lebih banyak dialami oleh orang dewasa ketimbang anak-anak. Setidaknya, demikianlah yang dipublikasikan oleh Journal of Investigative Dermatology. Alasannya, dalam tubuh manusia dewasa terdapat senyawa bernama 2-Nonenal yang produksinya terus meningkat seiring usia manusia.

Pada proses penelitian, para pakar mempelajari aroma tubuh responden yang berusia 26 hingga 75 tahun. Peneliti menemukan, senyawa 2-Nonenal ternyata lebih kuat pada mereka yang berusia 40 tahunan ketimbang responden lain yang berusia lebih muda.

Penyebab bau badan, kata peneliti, bukan karena produksi keringat yang meningkat saat seseorang banyak beraktivitas. Menurut mereka, pemicunya adalah bakteri pada keringat. Sebab, keringat itu tidak memiliki aroma dan membantu menjaga suhu tubuh serta menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Perlu Anda ketahui, pada tubuh manusia terdapat dua kelenjar keringat, kelenjar eccrine dan apocrine.

Kelenjar eccrine ada di seluruh tubuh, sedangkan kelenjar apocrine ada di bagian tubuh yang banyak tumbuh rambut.

Salah satu langkah untuk menangkal bau badan adalah dengan mengaplikasikan deodoran. Namun, apabila deodoran tidak bisa mengatasi bau badan, maka Anda disarankan untuk menggunakan produk deodoran dengan resep dokter. Fungsi dari deodoran sendiri adalah merintangi pori-pori keringat, tetapi tidak menghambat perspirasi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X