Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu “Someone Like You” Milik Adele Picu Orgasme?

Kompas.com - 03/08/2015, 21:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com – Musik memiliki kekuatan dalam menstimulasi memori dan menghidupkan bentuk emosi dalam diri manusia. Efek tersebut begitu intens sehingga seorang pakar mengatakannya nyaris sama seperti sebuah orgasme.

Ternyata, orgasme yang dimaksud adalah orgasme kulit. Pasalnya, alunan musik dalam beberapa lagu mampu membuat rambut pada kulit berdiri dan membuat sekujur tubuh Anda seperti merinding. Kondisi ini, para pakar menyebutnya dengan istilah frisson.

Frisson merupakan sebuah kondisi yang menggambarkan sebuah perasaan yang berkilat-kilat membuat Anda sekejap waktu merasa bersemangat. Selain itu, Anda juga merasakan sensasi menggelitik yang membuat Anda merasa nyaman.

Menurut studi yang dilakukan di sebuah laboratorium, lagu yang dipercaya mampu menginduksi perasaan senang dan bersemangat itu adalah lagu Piano Concert No 2 dari Rachamaninoff,  lagu Someone Like You dari Adele, dan lagu Hallelujah dari  Leonard Cohen. 

Seorang profesor dari Wesleyan University in Middletown, Connecticut, AS, bernama Psyche Loui dan salah satu rekannya, Luke Harrison, mengatakan bahwa lagu memberikan sensasi kenikmatan yang paradoks universal dan variabel.

“Musik bisa memberikan efek berbeda pada tubuh, ini tergantung individu dan kondisi yang mereka rasakan.  Kemudian lagu menciptakan efek sensorik, evaluatif, dan mempengaruhi perasaan kasih pada komponen fisik yang menstimulasi orgasme seksual,” ujar Loui dan Harrison.

Namun, pada Frontier Journal, mereka menambahkan bahwa secara teori akurasi orgasme kulit berpotensi terjadi pada mereka yang berusia muda. Sebab, responden dari studi ini mayoritas adalah mahasiswa.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com