Kompas.com - 04/08/2015, 12:09 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com 
— Sebagian dari Anda pasti memiliki kebiasaan mendengarkan musik saat bekerja. Tahukah Anda kalau ternyata mendengarkan musik dapat membuat Anda lebih efektif dalam bekerja? Sementara itu, karyawan yang sering melakukan kesalahan barangkali adalah mereka yang tidak mendengarkan musik sama sekali saat bekerja.

Ternyata, tidak hanya kebiasaan mendengarkan musik yang memengaruhi kinerja Anda. Jenis musik yang Anda dengarkan saat bekerja pun dapat memengaruhi performa kerja Anda.

Beragam riset ilmiah telah dilakukan untuk membuktikan pengaruh mendengarkan musik saat bekerja terhadap performa individu. Sebuah studi pada tahun 2014 digelar oleh Mindlab International terhadap sekelompok pekerja yang mendengarkan musik saat diminta menyelesaikan berbagai tugas, seperti mengeja, menghitung secara matematis, urut kata, memasukkan data, dan berpikir abstrak.

Studi tersebut melibatkan 26 pekerja sebagai partisipan. Hasilnya, 88 persen pekerja mengerjakan tugas dengan sangat akurat, dan 81 persen menyelesaikan tugas dengan sangat cepat. Para partisipan mampu mengerjakan tugas dengan akurat dan cepat saat mendengarkan musik.

Sementara itu, jenis musik yang Anda dengarkan juga diketahui berpengaruh terhadap performa kerja Anda. Musik klasik baik untuk pekerja yang harus bekerja fokus pada detail. Sementara itu, musik pop bagus untuk didengarkan oleh mereka yang mengerjakan pekerjaan yang dikejar tenggat waktu.

Adapun musik elektronik instrumental yang menenangkan bagus untuk pekerja yang harus memecahkan persamaan matematika. Selain itu, musik jenis dance sangat baik untuk mereka yang harus bekerja melakukan pengecekan dan pemecahan masalah dengan cepat.

Mendengarkan musik memang memiliki beragam manfaat dalam pekerjaan Anda. Namun, perlu diketahui juga bahwa mendengarkan musik dengan lirik juga membuat Anda mudah terdistraksi bila Anda mencoba untuk mengerjakan pekerjaan verbal. Oleh sebab itu, pilihlah jenis musik secara cermat sebelum Anda mendengarkannya sambil bekerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber bustle.com
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.