Kompas.com - 10/08/2015, 09:12 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf
KOMPAS.com - Masalah bau mulut yang tidak sedap selalu menjadi perkara yang meresahkan. Masalah bau mulut  dapat mempengaruhi kepercayaan diri Anda saat berbicara dengan orang lain. Untuk Anda yang bekerja, Anda tentu tidak mau hal ini terjadi, bukan?


Masalah bau mulut pada dasarnya disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi dan kebiasaan Anda dalam membersihkan gigi dan mulut. Untuk mengatasinya, dokter gigi Dr Luke Thorley memberikan beberapa cara mudah. Berikut uraiannya.

1. Konsumsi buah dan sayuran segar
"Buah dan sayuran segar berguna sebagai pembersih alami untuk gigi dan membantu menghilangkan sisa-sisa makanan. Sayuran seperti brokoli baik untuk napas Anda karena mengandung vitamin C yang membantu membasmi bakteri di mulut sehingga napas senantiasa segar," ujar Dr Thorley.

2. Kurangi konsumsi makanan dan minuman asam
Dr Thorley menjelaskan, makanan dan minuman asam seperti jus buah dan tomat akan mendorong bakteri di mulut bereproduksi lebih cepat. Makanan lain seperti daging, telur, dan kacang juga dapat menimbulkan bau mulut dan napas tak segar karena mengandung sejumlah bakteri yang memproduksi zat penyebab bau mulut.

3. Lakukan rutinitas kebersihan mulut secara konsisten
"Pastikan Anda menyikat gigu dua kali sehari dan gunakan alat bantu pembersih mulut seperti benang gigi ataupun cairan kumur setiap hari. Menggunakan cairan penyegar mulut ini tidak hanya menghantarkan cukup floride guna melindungi gigi, tapi juga menjaga agar mulut tetap segar," jelas Dr Thorley.

4. Konsumsi air putih
Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh akan menurunkan kadar air liur di dalam mulut. Artinya, bakteri di dalam mulut dan mengurai partikel makanan yang masih tersisa di dalam mulut atau sela-sela gigi. Proses ini akan melepaskan gas yang akhirnya menimbulkan aroma tidak sedap saat Anda bernapas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X