Sering Berhubungan Seks, Tidak Membuat Wanita Lebih Bahagia

Kompas.com - 25/08/2015, 22:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf



KOMPAS.com –-
Sebuah teori umum mengatakan bahwa kebahagian suami dan istri tergantung pada kualitas kegiatan seksual yang mereka lakukan. Banyak yang mengasumsikan bahwa kuantitas hubungan seksual juga membuat pernikahan lebih hangat. Namun, sebuah studi menunjukkan bahwa seks tak selalu membuat wanita bahagia, apalagi jika dilakukan terlalu sering.

Studi yang diinformasikan oleh Carneige Mellon University di Pittsburgh, AS, untuk kali pertama mengkaji teori kuantitas hubungan seks terhadap kebahagiaan pasangan secara lebih mendalam.

Peneliti meneliti 128 pasangan heteroseksual dengan kisaran usia 35 hingga 65 tahun. Setengah dari mereka diminta untuk bercinta dua kali lebih sering dari sebelumnya. Lalu, sisanya diinstruksikan untuk bercinta seperti biasa. Selama tiga bulan seluruh responden diminta memberikan laporan harian mengenai tingkat kebahagian terkait dengan rutinitas seks.

Setelah tiga bulan, kelompok pasangan yang bercinta dua kali lebih sering, mengaku tak lagi menikmati seks dan cenderung merasa bosan. Kondisi ini mayoritas dirasakan oleh pasangan wanita yang merasa jadi tidak bahagia.

Studi yang digawangi oleh George Loewenstein ini menyimpulkan bahwa rasa tidak bahagia itu bisa jadi karena manipulasi ilmiah di otak wanita. Sebab, banyak wanita yang dididik untuk menjadi sosok yang terhormat dan bisa menjaga diri. Mereka diajarkan bahwa wanita yang sering melakukan seks adalah wanita tidak baik. Alhasil, pemikiran itu terus tertanam hingga mereka menikah resmi dengan pasangan.

“Kemungkinan rasa tidak bahagia, mungkin terjadi karena niat berhubungan seks itu tak lagi berdasarkan keinginan bersama, tetapi lebih menjadi sebuah rutinitas,” ujar Loeweinstein mengenai studi yang dipublikasikan oleh Journal of Economic Behaviour & Organization tersebut.



Sumber askmen
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X