Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2015, 20:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Ada sebagian dari kita yang hampir selalu menghabiskan waktu bersama orang lain, baik keluarga, teman, kekasih, maupun rekan kerja. Boleh dikatakan, sebagian besar dari kita tidak memiliki cukup waktu untuk sendiri. Padahal, tidak ada salahnya Anda menikmati waktu sendiri tanpa didampingi oleh orang lain. Lagipula, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari menikmati kesendirian tersebut.

Beberapa pakar telah membuktikan mafaat menikmati waktu sendirian. Apa saja?

1. Anda akan memperoleh perspektif baru dengan bersyukur

Menurut Abby Rodman, seorang pakar hubungan dan psikoterapis, belajar untuk bersyukur dengan diri sendiri adalah sebuah hal yang penuh dengan kekuatan positif. Saking positifnya, kekuatan ini dapat membantu Anda melalui berbagai masalah hidup, misalnya saja adalah usai putus cinta.

"Manfaatkan waktu ini untuk fokus pada diri sendiri ketimbang memfokuskan pikiran pada mantan kekasih. Percayalah bahwa hubungan asmara yang berakhir dengan cara tidak baik pun tetap memiliki sisi positifnya. Fokus yang positif akan membantu Anda bangkit ketimbang tetap bergumul pada sakit hati," ujar Rodman.

2. Anda akan mengetahui apa yang diinginkan dalam hidup

Kim Hollingdale, psikoterapis dan pemilik Head First Counseling di Los Angeles, Amerika Serikat menyatakan, salah satu terapi yang sering diberikannya pada klien adalah kencan dengan diri sendiri. Maksudnya adalah menikmati waktu berkualitas dengan sendiri tanpa ada interupsi dari orang lain.

"Ketika kita sedikit menyingkir untuk memiliki waktu tenang agar dapat menjadi diri sendiri dan menarik perhatian ke dalam diri sendiri meskipun dalam waktu yang amat singkat, kita akan belajar tentang siapa diri kita sebenarnya, apa yang sebenarnya kita rasakan, dan apa yang kita inginkan," jelas Hollingdale.

3. Anda akan memiliki hubungan yang sehat

Di masa kini, para wanita pun memiliki kesibukannya masing-masing dalam karier hingga rasanya sulit untuk meluangkan waktu bersama orang-orang terkasih. Namun, jangan lupa bahwa Anda juga harus menikmati waktu sendirian tanpa didampingi orang lain agar Anda dapat melepaskan diri sejenak dari rutinitas dan memikirkan hal-hal terbaik untuk kehidupan.

"Menikmati beberapa jam sendirian adalah cara bagus dan Anda dapat belajar untuk memahami kebutuhan diri sendiri dalam rutinitas sehari-hari yang dapat Anda peroleh dalam hubungan pula. Menikmati waktu sendirian untuk belajar memahami diri sendiri pun akan memperkuat ikatan Anda dengan orang lain," titur dr Jess, seksolog di situs Astroglide.

4. Anda dapat sejenak berjalan perlahan dalam hidup

Menurut dr Donna Stoneham, penulis buku The Thriver’s Edge: Seven Keys to Transform the Way You Live, Love, and Lead, berjalan perlahan dalam menjalani hidup sebetulnya dapat membantu Anda untuk menapaki masa depan. Anda pun dapat mengetahui batasan diri sendiri dalam hidup sehingga tidak terkesan terburu-buru atau ambisius.

"Kita harus tahu kapan saat terbaik memasang dan mematuhi batasan diri kita sendiri. Terkadang penting untuk sedikit berjalan perlahan, sejenak menarik diri dari orang lain atau dari situasi yang kurang baik, sehingga kita dapat menjadi pribadi yang kita inginkan. Selain itu, terkadang kita pun harus mau sejenak meninggalkan rutinitas yang selama ini dijalani untuk menemukan apa yang sebenarnya kita inginkan," papar Dr Stoneham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com