Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Punggung Wanita Ini Tumbuh Tumor Seperti Payudara

Kompas.com - 14/09/2015, 10:25 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Seorang wanita asal Dublin, Irlandia mengalami pertumbuhan aneh di punggungnya. Bentuknya mirip dengan payudara. Setelah dokter melakukan scan MRI dan biopsi, pertumbuhan tersebut adalah lipoma atau tumor jinak yang terdiri dari sel-sel lemak.

Tumor itu telah tumbuh dan berkembang selama lebih dari 10 tahun hingga besarnya seperti payudara. Wanita berusia 46 tahun itu pun akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan tumor di Klinik Dublin.

Tumor tumbuh besar di sisi kanan punggungnya dengan panjang 19 cm dan lebar 6,7 cm. Wanita itu mengaku pertumbuhan tumor telah berkembang pesat dalam tiga tahun terakhir. Mulanya dokter mengira pertumbuhan itu adalah kanker jaringan lunak atau sarcoma. Namun, ternyata sebuah lipoma raksasa.

Dokter Tunde Abdulsalam dari Dublin mengatakan, ini adalah lipoma terbesar yang pernah dilihatnya. Ia mengaku heran mengapa pasien membiarkan lipoma tumbuh hingga membesar. Menurut Tunde, kebanyakan pasien segera mengangkat tumor tersebut ketika masih berukuran kecil.

“Berdasarkan pengalaman saya, hanya menemukan lipoma berukuran kecil. Kebanyakan pasien memang sering membiarkannya karena pertumbuhan relatif stabil selama bertahun-tahun dan tidak memengaruhi fungsi tubuh,” terang Tunde.

Dalam beberapa kasus, pertumbuhan lipoma dapat meningkatkan indeks massa tubuh penderitanya. Pada wanita ini, lipoma tentunya menjadi beban di bagian punggung. Setelah menjalani operasi, baru akan diketahui berapa berat lipoma wanita tersebut setelah ditimbang.

Lipoma dapat tumbuh di bagian tubuh manapun. Namun, lebih sering terjadi di bagian lengan dan batang tubuh manusia. Lipoma biasanya pada usia 40-60 tahun. Ukurannya pun biasanya kecil yakni sekitar 1 cm dan lembut. Tetapi, pertumbuhannya memang bisa lebih dari 10 cm seperti yang dialami wanita ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com