Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Sebabkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata?

Kompas.com - 25/09/2015, 20:32 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com –-
Memiliki wajah cantik dan sehat merupakan idaman sebagian besar wanita di dunia. Namun, penampilan Anda bisa terganggu lantaran lingkaran hitam di bawah mata yang membuat wajah terlihat kusam dan lelah.

Berbagai produk kecantikan dan perawatan alamiah telah sering dikaji demi menumpas lingkaran hitam di bawah mata. Segala produk dan perawatan tersebut tak akan berguna, apabila Anda tidak tahu penyebab hadirnya lingkaran hitam di bawah mata.

Menurut Dr Justine Hextall, seorang dermatologist di Western Sussex Hospitals NHS Trust, Inggris, mengatakan bahwa lingkaran hitam di bawah mata merupakan penampakkan pembuluh darah di area mata.

“Lingkaran hitam yang jelas terlihat merupakan tanda tubuh Anda mengalami dehidrasi,” terang Dr Hextall.

Dehidrasi, kata Dr Hextall, menyebabkan lapisan kulit kehilangan kelembabannya sehingga pembuluh darah pun jadi mudah terlihat.

“Zaman sekarang semakin banyak orang yang mengatasi kantuk dengan menambah konsumsi kopi. Ini membuat kulit semakin dehidrasi. Belum lagi kebiasaan berada di ruangan ber-AC membuat kulit semakin kering,” urainya.

Saat Anda merasa kelelahan dan mengantuk, Anda jadi sering menggosok mata. Kebiasaan itu rentan membuat kulit sekitar mata yang cenderung tipis mengalami iritasi.

“Kondisi tersebut semakin parah karena kurang tidur. Alhasil, kulit Anda lebih kusam dan lingkaran hitam semakin pekat,” sebutnya.

Selanjutnya, kata Dr Hextall, baik dan buruknya kondisi lingkaran hitam di bawah mata itu juga dipengaruhi oleh faktor genetis. Jadi, semua produk kecantikan dan perawatan alamiah untuk mengatasi lingkaran hitam, efeknya berbeda-beda pada setiap orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com