Kini Hadir Boneka yang Memiliki Siklus Menstruasi

Kompas.com - 26/09/2015, 19:10 WIB
Boneka Lammily kini hadir untuk anak dengan menampilkan proporsi tubuh yang proporsional layaknya wanita pada umumnya. NEWS.HEALTH.COMBoneka Lammily kini hadir untuk anak dengan menampilkan proporsi tubuh yang proporsional layaknya wanita pada umumnya.
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com -
Boneka Barbie merupakan salah satu mainan yang paling digemari oleh banyak anak perempuan di seluruh dunia. Tidak hanya cantik, Barbie pun memiliki beragam busana yang modis dan dapat menjadi panutan anak-anak untuk selalu tampil cantik dan feminin. Namun, kadang penampilan boneka Barbie dinilai terlalu berlebihan dan memberikan citra tubuh yang buruk bagi anak-anak.

Oleh sebab itu, kini hadir boneka serupa Barbie yang dinamakan Lammily. Berbeda dengan Barbie, boneka Lammily menampilkan proporsi tubuh yang proporsional layaknya wanita pada umumnya. Lammily pun ditampilkan memiliki selulit pada tubuhnya. Setelah selulit, kini Lammily pun hadir dengan siklus menstruasi.

Boneka Lammily kini dilengkapi dengan perangkat terpisah bernama Period Party seharga 10 dollar AS atau setara Rp 140.600. Perangkat siklus menstruasi ini dijelaskan merupakan sebuah cara mudah dan menyenangkan untuk menjelaskan siklus menstruasi kepada anak-anak.

Nickolay Lamm, pencipta Lammily, menyatakan bahwa ia ingin masyarakat memulai pembicaraan tentang siklus menstruasi dan menghilangkan stigma negatif tentang topik tersebut. "Inilah yang terjadi di kehidupan nyata. Kami ingin menyertakannya dalam sebuah boneka sehingga tidak lagi menjadi hal yang menakutkan," terang Lamm.

Dalam perangkat terpisah tersebut disertakan pula pamflet edukatif yang menjelaskan tentang apa yang terjadi pada saat mengalami menstruasi. Perangkat ini dilengkapi dengan sebuah celana dalam boneka, 19 pembalut berwarna, kalender, dan stiker untuk menandai siklus menstruasi.

Lamm pertama kali menciptakan boneka Lammily pada tahun 2014 silam. Boneka ini hadir dengan menampilkan hal-hal yang selama ini tidak ditampilkan pada boneka, seperti selulit, bintik-bintik pada wajah, jerawat, bekas luka, hingga tahi lalat. Dengan kata lain, Lamm berusaha mendobrak anggapan bahwa wanita harus tampil cantik dan sempurna.

Boneka Lammily seringkali dijuluki sebagai "Barbie Versi Normal" karena penampilan tubuhnya yang begitu normal seperti wanita lainnya. Boneka ini menampilkan figur seorang wanita muda berusia 19 tahun. Boneka ini dijual dengan harga 25 dollar AS atau setara Rp 365.000 dengan tambahan 7 dollar AS atau Rp 102.200 untuk setiap busana dan aksesori pelengkap.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X