Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2015, 08:06 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com - Wewangian tidak hanya wajib dikenakan oleh kaum wanita untuk menyempurnakan penampilan. Kaum pria pun wajib mengenakan parfum untuk menghindari aroma tubuh yang tidak sedap saat beraktivitas. Namun, pada dasarnya apakah ada perbedaan antara wewangian untuk kaum wanita dan pria?

Widya, Trainer Fragrance, PT Aneka Inti Wangi menjelaskan, sebenarnya sangat mudah membedakan wewangian untuk kaum wanita dan kaum pria. Wewangian untuk kaum wanita biasanya mengandung unsur aroma bunga-bunga. Selain itu, ada pula ragam wewangian untuk kaum wanita yang mengandung unsur aroma manis yang berasal dari buah-buahan atau beraroma seperti makanan manis.

"Kalau wewangian untuk wanita itu ada yang floral atau mengandung aroma bunga-bunga. Ada juga wanita yang tidak suka wewangian yang bau bunga, makanya biasanya wewangian yang dipilih adalah yang aromanya sedikit maskulin, seperti yang berasal dari sitrus, kayu-kayuan atau hanya sedikit kadar aroma floral," ujar Widya ketika berbincang dengan Kompas Female di sela-sela VIP Gathering Kanebo di Grand Indonesia Shopping Town, Kamis (8/10/2015).

Sementara itu, wewangian untuk kaum pria biasanya memiliki aroma yang lebih maskulin, identik dengan aroma yang pekat dan khas. Biasanya wewangian untuk kaum pria berasal dari aroma kayu-kayuan. Selain itu, ada pula ragam wewangian untuk kaum pria yang mengandung unsur aroma musk yang dikenal pekat dan beraroma khas menyengat.

Namun, Widya mengaku kini ada sedikit pergeseran dalam preferensi aroma wewangian masyarakat zaman sekarang. Lalu, dia mengungkapkan, saat ini tidak sedikit kaum pria yang mulai menyukai wewangian yang beraroma manis. Widya menjelaskan, aroma wewangian yang manis namun tidak terlalu feminin ini dikenal dengan istilah aroma oriental.

"Sekarang ini trennya bergeser, banyak juga pria yang menyukai wewangian aroma oriental. Aroma oriental itu aroma yang manis namun tidak terlalu feminin. Jenis wewangian ini mengandung aroma buah, ada juga yang dicampur dengan musk sehingga aromanya pekat. Aroma oriental ini mulai banyak disukai pria dan wanita," tutur Widya.

Lalu, bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda menyukai jenis wewangian floral yang begitu feminin atau jenis wewangian beraroma segar untuk Anda yang dinamis?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.