Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Separuh Pasangan Muda Amerika Punya Rekening Bersama sebelum Nikah

Kompas.com - 19/10/2015, 05:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber elle.com

KOMPAS.com – Memiliki rekening berdua kekasih sebelum pernikahan, merupakan langkah yang tidak disarankan oleh banyak pakar keuangan.

Namum, sebuah studi terbaru menemukan bahwa pasangan usia dua puluhan dan awal tiga puluh tahunan di AS yang belum menikah cenderung memilih untuk mengatur keuangan bersama dalam bentuk tabungan.

Menurut sebuah survei yang dihelat oleh Credit Karma, sebuah perusahaan manajemen kredit dan finansial, separuh dari generasi generasi milenium yang berusia 25 hingga 34 tahun mengaku, memiliki rekening bersama pasangan sebelum mereka menikah.

Mereka mengombinasikan rekening bank atau memiliki satu rekening bersama.

Keputuasan yang demikian ternyata tidak dilakukan oleh generasi-generasi sebelumnya.

Sebab, dua per tiga dari generasi Baby Boomer atau generasi orangtua mereka, tidak memiliki rekening bank bersama sebelum mereka menikah.

Survei juga melaporkan bahwa berbagi kartu kredit dengan pasangan tidak banyak dilakukan.

Survei tersebut mencatat bahwa 64 persen pasangan generasi milenial tidak berbagi kartu kredit mereka hingga mereka menikah.

Selanjutnya, di antara para generasi milenium yang sudah menikah, lebih dari 10 persen mengakui bahwa mereka memiliki rekening bank atau kartu kredit yang tidak diketahui oleh suami atau istri.

Selain itu, 17 persen mengaku bahwa mereka diam-diam membelanjakan uang tanpa sepengetahuan pasangan.

Data mengenai membagi keuangan bersama ini hadir setelah fakta bahwa semakin banyak pasangan muda di Amerika Serikat yang memilih untuk tinggal bersama sebelum menikah.

Menurut data sensus nasional yang dihimpun USA Today, persentase jumlah pasangan berusia antara 25 hingga 34 tahun yang tinggal bersama dengan kekasih naik lebih dua kali lipat dalam 20 tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com