Kompas.com - 19/10/2015, 05:40 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Memiliki rekening berdua kekasih sebelum pernikahan, merupakan langkah yang tidak disarankan oleh banyak pakar keuangan.

Namum, sebuah studi terbaru menemukan bahwa pasangan usia dua puluhan dan awal tiga puluh tahunan di AS yang belum menikah cenderung memilih untuk mengatur keuangan bersama dalam bentuk tabungan.

Menurut sebuah survei yang dihelat oleh Credit Karma, sebuah perusahaan manajemen kredit dan finansial, separuh dari generasi generasi milenium yang berusia 25 hingga 34 tahun mengaku, memiliki rekening bersama pasangan sebelum mereka menikah.

Mereka mengombinasikan rekening bank atau memiliki satu rekening bersama.

Keputuasan yang demikian ternyata tidak dilakukan oleh generasi-generasi sebelumnya.

Sebab, dua per tiga dari generasi Baby Boomer atau generasi orangtua mereka, tidak memiliki rekening bank bersama sebelum mereka menikah.

Survei juga melaporkan bahwa berbagi kartu kredit dengan pasangan tidak banyak dilakukan.

Survei tersebut mencatat bahwa 64 persen pasangan generasi milenial tidak berbagi kartu kredit mereka hingga mereka menikah.

Selanjutnya, di antara para generasi milenium yang sudah menikah, lebih dari 10 persen mengakui bahwa mereka memiliki rekening bank atau kartu kredit yang tidak diketahui oleh suami atau istri.

Selain itu, 17 persen mengaku bahwa mereka diam-diam membelanjakan uang tanpa sepengetahuan pasangan.

Data mengenai membagi keuangan bersama ini hadir setelah fakta bahwa semakin banyak pasangan muda di Amerika Serikat yang memilih untuk tinggal bersama sebelum menikah.

Menurut data sensus nasional yang dihimpun USA Today, persentase jumlah pasangan berusia antara 25 hingga 34 tahun yang tinggal bersama dengan kekasih naik lebih dua kali lipat dalam 20 tahun terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber elle.com
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.