Ada Seni Soal Memilih Baju Anak - Kompas.com
BrandzView
Halaman ini merupakan kerja sama antara Bukalapak.com dan Kompas.com

Ada Seni Soal Memilih Baju Anak

Kompas.com - 19/10/2015, 07:11 WIB
Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com – Bagi Ibu, baju anak adalah tambahan daftar belanja yang susah-susah gampang untuk dicari, menjadi semacam seni tersendiri. Bila menuruti selera anak, belum tentu pas di kantong. Sebaliknya, menuruti selera sendiri belum tentu disukai anak, bisa-bisa malah terbuang percuma.

Ragam pilihan baju anak memang kerap membuat Ibu harus lebih selektif. Jeli soal harga saja tidak cukup untuk itu. Berikut tips saat mencari pakaian untuk anak:

Bahan

Saat memilih baju anak, bahan adalah hal utama yang harus ditimbang sebelum melihat model. Pakaian anak harus terbuat dari bahan yang nyaman dipakai, apalagi bila anak cenderung aktif, suka bergerak, dan mudah berkeringat. Karena itu, cari pakaian dengan bahan katun yang lembut dan menyerap keringat.

Penyesuaian bahan juga bisa dipilih berdasarkan musim. Saat musim hujan, pilih bahan wol atau bahan yang cukup tebal untuk menghangatkan badan anak.

Model dan ukuran 

Model dan ukuran baju biasanya disesuaikan dengan usia anak. Bila buah hati memilih sendiri pakaiannya, beri arahan ketika mereka menjatuhkan pilihan pada baju yang peruntukannya terlihat melebihi usia mereka.

GOODHOUSEKEEPING.COM/ GETTY IMAGES Ilustrasi

Soal ukuran, perhitungan bisa lebih banyak. Anak-anak biasanya tumbuh dengan cepat. Untuk itu, jangan pilih pakaian yang ukurannya terlalu pas dengan badan. 

Akan lebih baik memilih ukuran pakaian yang sedikit longgar. Selain bisa digunakan lebih lama, pakaian longgar dapat membuat anak bebas bergerak.

Sesuai kebutuhan

Memilih pakaian sesuai kebutuhan artinya menyesuaikan tujuan pembelian. Pakaian yang Anda ingin belikan untuk anak akan dipakai untuk sehari-hari atau acara khusus, misalnya. Untuk pakaian sehari-hari, pilih model yang simpel, berukuran longgar, dan sedikit corak. 

Namun, bila membeli untuk acara khusus, pilih yang sedikit rapi. Anda bisa memilihkan kemeja bagi anak laki-laki, atau gaun sederhana untuk anak perempuan.

Selera anak

Buang jauh-jauh pemikiran bahwa pilihan orangtua adalah yang terbaik. Anak kecil hingga usia 10 tahun cenderung tak bisa dipaksakan pilihannya. 

Agar pakaian yang Anda pilih disukai anak, sesuaikan dengan seleranya. Menebak selera anak bisa dilakukan dengan memperhatikan tokoh-tokoh kartun atau film favoritnya. Anda juga bisa membelikan baju sesuai warna yang ia suka.

Cara terbaik adalah ajak anak saat membeli pakain. Atau bila punya rencana membelikan baju dari situs belanja seperti Bukalapak.com, buat saja beberapa pilihan dan biarkan anak Anda memilih sendiri mana yang dia suka.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPalupi Annisa Auliani
Komentar

Terkini Lainnya