Kompas.com - 21/10/2015, 12:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Seperti halnya bagian tubuh yang lain, kebersihan vagina juga wajib diperhatikan. Jika Miss V bermasalah, bisa menyebabkan rasa nyeri dan juga berpengaruh pada organ reproduksi lainnya.

Vagina terasa sakit bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa dimulai dari munculnya rasa gatal akibat pertumbuhan bakteri, infeksi jamur, dan bisa jadi infeksi saluran kemih.

Jika rasa sakit terus berlangsung, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Berikut lima penyebab yang bisa membuat organ kewanitaan Anda terasa nyeri seperti dikutip dari Boldsky.com.

Penetrasi seksual
Salah satu alasan vagina terasa sakit adalah karena gesekan pada saat hubungan seksual dengan kondisi lubrikasi yang kurang.

Kering
Kekeringan pada vagina merupakan salah satu penyebab munculnya rasa sakit. Terutama ketika berhubungan seksual.  Menurut para ahli, salah satu penyebab vagina kering adalah saat menurunnya hormon estrogen dan konsumsi pil hormonal.

Infeksi jamur
Infeksi jamur bisa menyebabkan Miss V terasa gatal dan nyeri. Biasanya diikuti dengan kekeringan pada vagina. Infeksi jamur bisa terjadi jika kebersihan organ ini kurang terjaga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Herpes
Adanya benjolan atau bintik-bintik merah disertai lecet pada organ intim, perlu waspadai sebagai penyakit herpes. Penyakit ini terjadi akibat infeksi virus herpes yang bisa menular saat berhubungan seksual. Herpes pada vagina tentunya akan membuat organ intim terasa nyeri. Segera periksa ke dokter jika mengalami tanda-tanda tersebut.

Radang panggul
Jika terasa sakit saat penetrasi seksual,  waspadai endometriosis yaitu ketika jaringan yang melapisi rahim tumbuh di tempat lain atau penyakit radang panggul. Adanya endometriosis bisa menyebabkan vagina terasa nyeri dan juga pada daerah panggul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.