Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2015, 19:41 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit kardiovaskular yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Tubuh sebenarnya memiliki cara alami untuk mencegah terjadinya penyakit jantung seperti serangan jantung hingga terjadinya stroke, yaitu dengan adanya produksi nitric oxide (NO) atau nitrit oksida.

Peran NO dalam tubuh ini diteliti oleh Louis Ignarro yang akhirnya meraih Nobel karena penelitiannya itu. Setelah meneliti NO selama sekitar lima tahun, tahun 1986, Louis menemukan bahwa NO sebenarnya terdapat dalam tubuh manusia, yaitu salah satunya diproduksi di pembuluh arteri dan vena.

Dalam penelitian di laboratorium, Louis menemukan bahwa adanya NO bisa membuka pembuluh darah lebih lebar sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

"Setelah itu, kita mengetahui bahwa nitrat oksida dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Dari penelitian ini, kita akhirnya menemukan sebuah molekul yang bisa mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung," kata Louis.

Namun, produksi NO dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Cara terbaik untuk menjaga produksi NO di dalam tubuh adalah dengan menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga.  Dalam penelitiannya, ketika seseorang aktif bergerak, produksi NO akan lebih tinggi. Level NO pun menurun drastis ketika seseorang tidur.

Cara alami lainnya, untuk menaikkan level NO, ialah dengan mengonsumsi makanan sehat. Misalnya, hindari konsumsi makanan berlemak seperti daging dan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya antioksidan. "Orang-orang tidak mengetahui bahwa antioksidan itu bisa meningkatkan NO di tubuh," kata Louis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com