Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peraih Nobel Ini Ungkap Peran Nitrit Oksida Bagi Tubuh

Kompas.com - 22/10/2015, 10:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Nitric Oxide (NO) atau Nitrit Oksida ternyata memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh. NO ini ditemukan dari hasil penelitian seorang ilmuwan asal Amerika Serikat Louis Ignarro dan rekan-rekannya.

Louis menemukan, NO dapat melebarkan pembuluh darah sehingga mencegah penyumbatan di pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Peran NO ini mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Penelitian tetang NO ternyata tak sebatas untuk mencegah penyakit kardiovaskuler.

“NO juga dapat meningkatkan memori dan proses pembelajaran di otak untuk mencegah demensia,” ungkap Louis dalam temu media Herbalife Nutrition di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Selain itu, NO dapat menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Bahkan, kesehatan kulit pun mendapat manfaat dari adanya NO dalam tubuh. “NO membuat kulit halus, tidak kerut, dan membuat Anda terlihat awet muda,” lanjut Louis.

Penemuan NO sendiri bermula saat Louis ingin mengetahui bagaimana obat Nitrogliserin dapat menurunkan tekanan darah. Nitrogliserin memang obat yang sudah digunakan ratusan tahun untuk mengobati penyakit jantung. Louis mengungkapkan, Nitrogliserin ternyata bekerja dalam tubuh untuk membantu produksi NO. Setelah penemuan itu, Louis pun meneliti lebih lanjut tentang NO.

Selama lima tahun, Louis mencari kandungan NO dalam tubuh manusia. Akhirnya, pada 1986 ditemukan bahwa pembuluh arteri dan vena mampu memroduksi NO. Namun, seiring bertambahnya usia seseorang, produksi NO menurun.

Pola makan sehat dan olahraga merupakan kunci utama untuk menjaga produksi NO dalam tubuh. Louis pun kemudian mengembangkan produk nutrisi yang dapat membantu produksi NO dalam tubuh.

Saat itu, dalam dunia farmakologi tidak ada orang yang tertarik mempelajari NO. Sebab, NO sendiri bukan senyawa padat maupun cair, melainkan berupa gas. Kini, setelah diketahui manfaatnya, makin banyak ilmuwan yang tertarik dengan NO dan banyak perusahan obat untuk membuat produk berbahan NO.

Berawal dari rasa ingin tahu itu, Louise menghasilkan temuan penting yang bermanfaat bagi dunia kesehatan. Temuan inilah yang mengantarkan Louis meraih nobel bidang kesehatan tahun 1998.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com