Kompas.com - 27/10/2015, 05:11 WIB
Ada sebuah stereotip yang kadung melekat pada wanita, yaitu hadirnya perasaan lebih baik pada saat mereka berbelanja. THINKSTOCKPHOTOSAda sebuah stereotip yang kadung melekat pada wanita, yaitu hadirnya perasaan lebih baik pada saat mereka berbelanja.
|
EditorLatief

 

KOMPAS.com – Ada sebuah stereotip yang kadung melekat pada wanita, yaitu hadirnya perasaan lebih baik pada saat mereka berbelanja.

Itu bukanlah omong kosong, meski banyak orang berpendapat bahwa pandangan itu dibangun oleh korporasi untuk membidik segmen produk mereka, yaitu wanita pehobi belanja. Terbukti, sepeti dikutip dari Bustle (3/4/2015), salah satu penelitian pada 2013 di Inggris membuktikan stereotip tersebut.

Sekitar 2.000 orang mengikuti survey belanja tersebut dan membuktikan bahwa pria sudah merasa bosan berbelanja setelah 26 menit. Adapun wanita berada dalam mood terbaik saat berbelanja hingga durasi dua jam.

Garis korelasinya bahkan ditarik hingga cerita dari sebelum masehi atau manusia pra sejarah. Zaman dulu, sekitar 8000 SM, manusia hidup sebagai pemburu dan pengumpul. Saat pria keluar tempat tinggal untuk memburu, porsi wanita ialah sebagai pengumpul buah-buahan, sayuran, dan lainnya.

Melacak sejarah tersebut, kebiasaan wanita berbelanja atau mengumpulkan banyak barang menjadi sebuah naluri yang sejak dulu ada. Kalau dulu, pria berburu hewan sebagai kebutuhan makanannya dan mirip seperti kebiasaan belanja mereka sesuai kebutuhan.

Adapun wanita akan telaten mencari dan mengumpulkan buah atau sayur hingga ke tempat jauh mirip dengan kebiasaan belanja yang cenderung melihat pada banyak tempat.

Beda karakter, beda sikap  

Sebenarnya, bila dilihat lebih jauh, kebiasaan belanja wanita dipengaruhi oleh karakternya. Survey yang dilakukan oleh Kompas Gramedia Majalah dalam Indonesia's Hottest Insight (IHI) 2013 lalu terhadap 9.000 koresponden membuktikan, ada tiga tipe wanita yang suka belanja, di antaranya up to dateexplorer, dan achiever.

Tipe up to date akan mengutamakan merek saat membeli produk.

"Mereka (dengan tipe tersebut) menyukai olahraga, penuh tantangan dan sangat suka teknologi dan gadget," ujar Associate Publisher Lifestyle Media, Kompas Gramedia Majalah Amy Wirabudi, seperti dikutip Kontan (7/5/2013).

THINKSTOCKPHOTOS Sebenarnya, bila dilihat lebih jauh, kebiasaan belanja wanita dipengaruhi oleh karakternya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X