Manfaat Sinar Matahari, Kuatkan Jantung sampai Otot

Kompas.com - 27/10/2015, 13:57 WIB
ILUSTRASI - Seorang turis perempuan berjemur di pantai. ShutterstockILUSTRASI - Seorang turis perempuan berjemur di pantai.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Kebanyakan orang takut terkena paparan sinar matahari. Memang, paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini. Itulah mengapa Anda perlu menggunakan tabir surya jika terkena paparan matahari di siang hari yang menyengat.

Akan tetapi, sinar matahari juga bermanfaat bagi tubuh, khususnya matahari pagi. Berikut manfaat sinar matahari bagi tubuh seperti dikutip dari Boldsky.com.

Meningkatkan suasana hati
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari dapat memicu pelepasan serotonin di otak. Pada musim dingin, banyak warga yang depresi atau mengalami gangguan afektif musimam (SAD). Menurut penelitian hal itu karena kurang mendapat sinar matahari. Ke luar rumah dan mendapat paparan sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres.

Produksi vitamin D
Paparan sinar matahari dapat membantu tubuh memroduksi vitamin D secara alami, selain didapat oleh tubuh dari konsumsi suplemen dan makanan kaya vitamin D. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan otak. Untuk mendapatkan manfaat ini, rutinlah berjalan kaki atau olahraga pada pagi hari di luar ruangan.

Jantung sehat
Jantung yang sehat ternyata bisa didapat jika Anda terpapar sinar matahari yang dapat membantu produksi vitamin D dalam tubuh. Untuk diketahui, kekurangan vitamin D berkaitan dengan penyakit kardiovaskular. Dengan terpapar sinar matahari, sel-sel dalam tubuh akan menjaga jantung tetap sehat karena sirkulasi darah pun berjalan lancar.

Tulang dan otot kuat
Produksi vitamin D dalam tubuh karena bantuan dari paparan sinar matahari berguna untuk menguatkan tulang dan otot.  Vitamin D akan membantu tubuh lebih banyak menyerap kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D dapat menurunkan risiko kram otot dan nyeri sendi.

Mengurangi risiko sklerosis multipel
Menurut penelitian, sinar matahari juga berguna untuk mengurangi risiko sklerosis multipel. Sklerosis multipel merupakan penyakit yang menyerang sistemsyaraf pusat, tepatnya di otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini bisa menyebabkan kelemahan otot, penurunan daya indra, hingga kelumpuhan.

Berbagai manfaat paparan sinar matahari menjadi alasan banyak orang untuk berjemur dan olahraga di luar ruangan pada pagi hari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BOLDSKY
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X