Kompas.com - 28/10/2015, 05:11 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorLatief


KOMPAS.com
 - Bagi calon ibu, mempersiapkan perlengkapan bagi si buah hati memiliki semangat tersendiri. Bahkan, saking antusiasnya, terkadang calon ibu lupa memperhatikan guna dan manfaat barang. Tidak disadari, pengeluaran jadi membengkak karenanya.

Memang, perlengkapan bayi beserta atributnya membutuhkan anggaran tidak sedikit. Namun, bila calon ibu lebih cermat, bukan tak mungkin ragam perlengkapan bisa didapat dengan harga lebih terjangkau. Berikut beberapa tips hemat membeli perlengkapan bayi :

1. Atur daftar perlengkapan dan waktu belanja

Buat daftar perlengkapan secara rinci saat hendak berbelanja kebutuhan bayi. Daftar itu bisa dimulai dari kebutuhan pakaian, kebutuhan menyusui, perlengkapan mandi hingga kebutuhan saat bepergian.

Namun, khusus untuk popok dan pakaian sebaiknya disiapkan lebih banyak mengingat lebih sering digunakan.

Selain itu, waktu belanja juga perlu ditentukan. Hal ini penting karena calon ibu bisa mulai menyicil dari jauh-jauh hari. Pasalnya, bila usia kehamilan sudah mendekati due date, calon ibu harus lebih fokus pada persiapan persalinan saja. 

2. Belanja dalam jumlah besar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika berbelanja dalam jumlah besar biasanya harga yang ditawarkan kerap lebih terjangkau. Sebagai contoh, baju bayi yang dijual di pusat perbelanjaan grosir biasanya dibanderol lebih murah.

Salah satu contoh perlengkapan yang bisa dibeli dalam jumlah besar adalah aksesoris bayi, misalnya sarung tangan, penutup kepala dan kaos kaki. Dengan begitu, calon ibu bisa menekan anggaran sehingga dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

3. Berburu barang diskon

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.