Kompas.com - 23/11/2015, 07:53 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com – 
Mood yang buruk pada awal pekan sekarang seolah jamak menyebar. Rasanya libur akhir pekan tak pernah cukup. Padahal, mood yang buruk tak akan bermanfaat saat menghadapi tumpukan tugas dan tantangan yang datang sejak detik pertama jam kerja pada Senin.

Daripada menggerutu apalagi bertindak brutal gara-gara mood buruk pada awal pekan, sejumlah hal bisa dilakukan untuk membangkitkan “mood Senin”. Berikut ini beberapa di antaranya:

Ubah pola pikir

Dikutip dari psychologies.co.uksalah satu cara membentuk mood baik saat Senin tiba adalah mengubah pola pikir. Terkadang, banyak orang membebani sendiri Senin-nya karena berpikir pekan ini harus lebih produktif dibanding pekan lalu.

Memasang target yang terlalu berat pada awal pekan bakal membuat Anda memiliki mood buruk sepanjang hari. Meski begitu, Senin adalah hari yang baik untuk menetapkan agenda mingguan, apa saja yang harus diselesaikan. Bila belum mau mencicil pekerjaan, buat saja dulu daftar wajib aktivitas yang harus dilakukan selama seminggu.

“Baiknya, lakukan hal-hal yang berbeda saat Senin tiba. Mood buruk bisa terjadi karena kejenuhan melakukan hal yang sama pada setiap minggunya,” ujar psikolog Anne Archer.

Menurut Archer, perubahan kecil pada hari itu akan berpengaruh besar bagi mood. Anda juga boleh memberi waktu luang 10 menit lebih lama untuk membaca buku yang disukai pada Senin pagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, coba juga menumbuhkan motivasi untuk memulai hari. Selama ini, banyak orang memulai Senin dengan tergesa-gesa. Tinggalkan kebiasaan itu dan mulailah memotivasi diri semisal dengan membayangkan hal-hal kesukaan. 

Arti akhir pekan

Menjelang Senin tiba, Anda harus memiliki rencana untuk membuat sepanjang pekan ini terlewati dengan menyenangkan. Pilihan kegiatan akhir pekan memang bisa menjadi sarana juga menyiapkan mood baik pada Senin berikutnya. Sebaliknya, salah beraktivitas pada akhir pekan bisa juga jadi “bencana” bagi mood pada awal pekan yang segera tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X