Penting, Langkah Atasi Demam di Rumah

Kompas.com - 26/11/2015, 12:18 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Bila Anda terserang demam, jangan keburu merasa cemas berlebihan. Berikut ini saran mengatasi demam di rumah dari  dr. Florentina R. Wahjuni, CQ.Phy, CHt, CI., dari RS Meilia Cibubur seperti dikutip dari tabloidnova.com .

Tujuh langkah atasi demam di rumah ini diharapkan dapat menjadi tindakan penanganan pertama saat demam.

1. Kenakan pakaian tipis meskipun tubuh terasa dingin. “Pakaian tebal dan selimut akan menaikkan suhu tubuh. Suhu yang sangat tinggi, 39 derajat Celsius atau lebih pada anak-anak bisa menyebabkan kejang-kejang. Ini adalah langkah mengatasi demam di rumah yang pertama.

2. Istirahatlah di rumah dengan ventilasi yang baik. Gunakan kipas angin atau alat pendingin udara, tapi jangan diarahkan langsung ke tubuh dan kepala Anda. Sesuaikan suhunya sesuai kenyamanan penderita demam. Ini adalah mengatasi demam di rumah berikutnya.

3. Minumlah banyak air putih, sari buah, atau sup bening. Minuman sehat akan membantu menurunkan suhu tubuh. “Untuk mengetahui apakah sudah cukup minum atau tidak dengan melihat urin, apakah berwarna terang atau kuning tua. Kalau berwarna terang dan cenderung jernih, itu pertanda sudah cukup minum.”

4. Usahakan makan seperti biasa meskipun nafsu berkurang. “Bila tidak mau makan, tubuh akan lemah. Sehingga daya tahan tubuh semakin turun akibat nutrisi yang tidak memadai. Ini adalah langkah mengatasi demam di rumah yang keempat.

5. Periksalah suhu tubuh setiap empat jam sekali. “Janganlah makan atau minum selama setengah jam sebelum suhu tubuh diukur karena hasilnya tidak tepat.” Cara terbaik mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer yang dapat dibeli di apotek. “Pastikan termometer terpasang secara baik dengan waktu yang cukup, sehingga suhu tubuh terukur dengan benar.”

6. Kompres tubuh dengan kain basah. Jika tak mungkin memberikan kompresan di seluruh tubuh, maka utamakan bagian samping leher, ketiak, dan selangkangan terkompres dengan baik menggunakan kain atau handuk basah. “Karena di daerah itu berjalan pembuluh besar tubuh yang berjalan cukup superficial, sehingga bila terkompres dengan baik akan segera menurunkan demam secara cukup signifikan.”

Tindakan ini akan membantu menurunkan suhu tubuh secara keseluruhan. “Air yang digunakan boleh air hangat, air suhu biasa atau air dingin. Tergantung penderita demam bagaimana tingkat kenyamanannya, sehingga tidak mengganggu istirahatnya. Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk pemulihan penderita dari kondisi demamnya.”

7. Mengurangi aktivitas. Terlalu banyak aktivitas dapat memperburuk demam, karena meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pengaturan suhu tubuh. (Noverita K. Waldan/TabloidNOVA)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X