Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ada Rambut Halus Tumbuh di Tahi Lalat ?

Kompas.com - 30/11/2015, 18:46 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber SHAPE

 

KOMPAS.com – Tahi lalat yang tumbuh di area wajah, terkadang bisa menambah kesan manis pada pesona seorang wanita. Masih ingat Cindy Crawfor yang  terkenal karena ciri khas tahi lalat di atas bibir? Kehadiran tahi lalat tersebut membuat Crawford tampak semakin seksi.

Namun, bagaimana jika tahi lalat tumbuh lengkap dengan rambut-rambut halus? Kondisi itu, untuk sebagian besar wanita terbilang mengganggu penampilan.

Tumbuhnya rambut halus pada tahi lalat bisa berkembang tebal dan gelap. Anda pun jadi bertanya apakah kondisi ini normal dan amankah untuk mencabut rambut tersebut?

“Tahi lalat merupakan kumpulan pigmen yang memproduksi sel kulit,” jelas Joshua Zeichner, M.D., Director of Cosmetic & Clinical Research, Mount Sinai Hospital, New York, AS.

“Jika tahi lalat Anda tumbuh rambut, itu berarti terjadi hiper pigmentasi yang mendorong rambut keluar tumbuh tebal dan gelap,” imbuhnya.

Menghilangkan rambut dari tahi lalat dengan cara mencabutnya sama halnya dengan Anda mencabut rambut di bagian tubuh lainnya.

Dr Zeichner menguraikan bahwa mencabut rambut dengan cara kasar bisa merusak pertumbuhan rambut tersebut, sehingga benar-benar berhenti tumbuh.

Nah, jika Anda terus melakukan pencabutan, maka potensi terjadinya rambut tumbuh ke dalam sangat besar.

Anda perlu tahu bahwa rambut tumbuh ke dalam atau lazim disebut ingrown hair, berbahaya dan bisa merangsang tahi lalat menjadi ganas.

Oleh karena itu, Dr Zeichner menyarankan, jika Anda mengalami ingrown hair, tusuk perlahan tahi lalat menggunakan jarum steril. Tujuannya untuk merangsang rambut  keluar sehingga lebih mudah dibersihkan dari kulit wajah.

Setelah rambut tumbuh normal, pulaskan cairan antibiotik di sekitar tahi lalat tersebut.

Namun, jika Anda merasa mencabut rambut terlalu berisiko, Anda bisa mempertimbangkan melakukan electrolysis.

Electrolysis merupakan perawatan menghilangkan rambut di tahi lalat menggunakan alat bermuatan listrik untuk menghancurkan akar rambut dalam tahi lalat.

Terakhir, Dr Zeichner memperingatkan bahwa jika tahi lalat Anda mengalami perubahan bentuk dan terlihat berbeda, jangan buang-buang waktu segera kunjungi dermatologis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SHAPE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com