Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2015, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com –Untuk menjaga kesehatan tubuh tak hanya ditentukan oleh apa yang dimakan, tetapi juga seberapa sering aktif bergerak. Sejumlah penelitian mengungkapkan, malas bergerak bisa menimbulkan berbagai risiko penyakit, mulai dari jantung hingga otak.

Malas bergerak juga memengaruhi kekuatan tulang Anda, seperti meningkatkan risiko osteoporosis. Malas bergerak artinya Anda hanya duduk berjam-jam menatap layar komputer, laptop, atau handphone, menonton TV seharian, atau lebih banyak tidur.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, bergeraklah aktif dengan olahraga setidaknya dilakukan 150 menit per minggu. Olahraga teratur juga terbukti mencegah penyakit. Berikut enam hal yang terjadi pada tubuh, jika Anda malas bergerak seperti dikutip Boldsky.com.

Stres
Ketika tidak bergerak aktif, seseorang ternyata lebih mudah stres. Stres bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit.

Para ahli mengatakan, tingkat stres akan lebih rendah ketika tubuh bergerak aktif, seperti olahraga. Sebab, olahraga akan melepaskan endorfin, yang membuat suasana hati lebih baik atau bahagia.

Gangguan tidur
Bergerak aktif dapat melepaskan hormon yang membuat Anda tidur nyenyak di malam hari. Sebaliknya, jika tubuh tidak aktif, maka tidak ada energi yang digunakan tubuh. Akibatnya, Anda bisa terjaga sepanjang malam saat waktunya tidur.

Metabolisme lambat
Kecepatan metabolisme tubuh akan lambat jika Anda tidak bergerak aktif. Melambatnya metabolisme merupakan salah satu dampak paling buruk jika Anda malas bergerak.

Salah satu akibat lambatnya metabolisme, yaitu kegemukan atau obesitas yang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit.

Tekanan darah tinggi
Seseorang yang malas bergerak akan lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan pada ginjal.

Meningkatkan berat badan
Masalah kegemukan atau obesitas sangat berkaitan dengan kurangnya aktivitas fisik. Malas bergerak membuat lemak dalam tubuh terus menumpuk sehingga meningkatkan berat badan. Jadi, bergerak aktif sangat penting untuk membakar kalori dari apa yang Anda konsumsi.

Tulang lemah
Kebiasaan malas bergerak, lambat laun dapat membuat tulang Anda melemah . Malas bergerak atau tidak berolahraga bisa meluruhkan otot-otot di sekitar tulang. Anda akan berisiko menderita osteoporosis atau pengeroposan tulang lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com