Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Hidup Anda Berkualitas adalah Selalu "On Time" Tepati Janji!

Kompas.com - 08/12/2015, 17:57 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Gaya hidup tepat waktu (on time) mampu meningkatkan hidup lebih berkualitas. Selain efektif saat beraktivitas, dengan tepat waktu dapat menambah kepercayaan orang lain terhadap diri sendiri.

Kehidupan masyarakat urban saat ini dituntut untuk selalu tepat waktu, baik itu saat menyelesaikan tugas kantor atau bertemu dengan seseorang. Karena itulah, dengan mengubah budaya "jam karet" menjadi lebih tepat waktu akan membantu meningkatkan kualitas hidup hingga karir lebih baik.

Sebagai seorang pebisnis misalnya, selalu tepat waktu menjadi modal utama membangun kepercayaan mitra bisnis. Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menerapkan budaya tersebut.

Salah satunya melalui kehadiran teknologi canggih saat ini. Dengan teknologi, sejatinya, tak ada alasan lagi bagi Anda mengaku susah menerapkan budaya tepat waktu. Berikut beberapa tips menerapkan konsep serba 30 menit tepat waktu:

Buat reminder 30 menit

Ponsel pintar merupakan salah satu device yang cukup efektif digunakan sebagai pengingat janji atau deadline. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami benturan jadwal atau kegiatan karena punya beragam aktivitas.

Fitur ini juga akan memberi Anda peringatan untuk menyesuaikan waktu yang telah Anda buat sendiri sebelumnya. Misalnya, Anda cukup mengatur reminder di pagi hari sebelum memulai aktivitas atau atur 30 sampai 15 menit sebelumnya. Anda tak perlu khawatir lupa terhadap jadwal yang telah dibuat.

Pergi 30 menit lebih awal

Memulai apapun dengan waktu lebih cepat tidaklah buruk, termasuk janji datang ke sebuah pertemuan. Dengan begitu Anda, bisa bisa sampai di lokasi lebih awal dari jadwal.

Seperti itulah jika Anda ingin mengubah budaya "jam karet". Caranya, Anda perlu mengevaluasi lebih dulu waktu tempuh menuju lokasi. Misalnya, jika memiliki janji pukul 15:00, usahakan sudah sampai lokasi pukul 14:30.

Jangan lupa, ketahui rute perjalanan Anda untuk menyesuaikan estimasi waktu Anda tersebut. Untuk tujuan itu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi maps yang ada di ponsel untuk mengetahui jarak dan waktu tempuh ke lokasi.

Selain menunjukkan sikap profesional dalam menghargai waktu, hadir lebih awal 30 menit bisa Anda manfaatkan untuk aktivitas lain, seperti mengisi daya (charging) baterai ponsel sebelum lowbatt.

Dengan begitu, Anda juga tak perlu khawatir komunikasi terputus akibat tak ada daya. Apalagi, teknologi ponsel saat ini semakin canggih berkat adanya VOOC Flash Charging. Cukup manfaatkan waktu 30 menit menunggu klien, baterai sudah terisi penuh hingga 75 persen.  

Sistem kurun waktu

Catat semua jadwal pertemuan atau deadline tugas sesuai kurun waktu yang ditentukan. Anda bisa memulainya dalam jangka waktu sebulan, seminggu, atau sehari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com