Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Makanan yang Membuat Anda Sering Buang Air Kecil

Kompas.com - 14/12/2015, 15:57 WIB

KOMPAS.com - Buang air kecil beberapa kali dalam sehari adalah hal yang normal, bahkan memang seharusnya. Tapi, jika keinginan untuk buang air kecil datang terus menerus atau yang biasa dikenal dnegan istilah beser, bisa jadi ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda.

Sebenarnya ada berbagai penyebab yang bisa membuat Anda sering buang air kecil, mulai dari kurang tidur, banyak mengonsumsi cairan hingga makanan yang Anda konsumsi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil.


1. 
Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein

Kandungan kafein dalam kopi dapat memengaruhi hormon anti-dieuretik. Sehingga, akan membuat Anda lebih sering buang air kecil. Ada baiknya Anda membatasi asupan kafein per hari.

2. Alkohol

Sama seperti kafein, konsumsi alkohol berlebih akan mengganggu hormon anti-diuretik dan mendorong Anda buang air kecil lebih sering.


3. 
Jus buah

Beberapa jus buah mengandung sorbitol atau yang dikenal juga dengan glusitol, yaitu gula alkohol yang dimetabolisme lebih lambat oleh tubuh. Sorbitol ini memiliki efek diuretik pada sistem tubuh, sehingga akan membuat tubuh Anda buang air kecil lebih banyak dan lebih sering.

4. Soda

Banyak mengonsumsi minuman ringan yang megandung soda dapat mengiritasi kandung kemih Anda. Salah satu efeknya adalah lebih sering buang air kecil.

5. Deplesi garam

Ketika deplesi garam terjadi atau hilangnya garam dari tubuh akan membuat tubuh buang air kecil lebih sering. Biasanya ini terjadi ketika Anda melakukan olahraga intens hingga mengeluarkan banyak keringat.

6. Cokelat

Beberapa senyawa yang terkandung dalam cokelat juga bisa mengiritasi kandung kemih. Selain itu, cokelat juga memengaruhi penyerapan air di ginjal. Sehingga, akan membuat nda buang air kecil lebih sering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com