6 Makanan yang Membuat Anda Sering Buang Air Kecil

Kompas.com - 14/12/2015, 15:57 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Buang air kecil beberapa kali dalam sehari adalah hal yang normal, bahkan memang seharusnya. Tapi, jika keinginan untuk buang air kecil datang terus menerus atau yang biasa dikenal dnegan istilah beser, bisa jadi ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda.

Sebenarnya ada berbagai penyebab yang bisa membuat Anda sering buang air kecil, mulai dari kurang tidur, banyak mengonsumsi cairan hingga makanan yang Anda konsumsi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil.


1. 
Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein

Kandungan kafein dalam kopi dapat memengaruhi hormon anti-dieuretik. Sehingga, akan membuat Anda lebih sering buang air kecil. Ada baiknya Anda membatasi asupan kafein per hari.

2. Alkohol

Sama seperti kafein, konsumsi alkohol berlebih akan mengganggu hormon anti-diuretik dan mendorong Anda buang air kecil lebih sering.


3. 
Jus buah

Beberapa jus buah mengandung sorbitol atau yang dikenal juga dengan glusitol, yaitu gula alkohol yang dimetabolisme lebih lambat oleh tubuh. Sorbitol ini memiliki efek diuretik pada sistem tubuh, sehingga akan membuat tubuh Anda buang air kecil lebih banyak dan lebih sering.

4. Soda

Banyak mengonsumsi minuman ringan yang megandung soda dapat mengiritasi kandung kemih Anda. Salah satu efeknya adalah lebih sering buang air kecil.

5. Deplesi garam

Ketika deplesi garam terjadi atau hilangnya garam dari tubuh akan membuat tubuh buang air kecil lebih sering. Biasanya ini terjadi ketika Anda melakukan olahraga intens hingga mengeluarkan banyak keringat.

6. Cokelat

Beberapa senyawa yang terkandung dalam cokelat juga bisa mengiritasi kandung kemih. Selain itu, cokelat juga memengaruhi penyerapan air di ginjal. Sehingga, akan membuat nda buang air kecil lebih sering.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Boldsky
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X