Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2015, 19:17 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Melibatkan anak dalam beragam aktivitas adalah cara jitu mengasah kreativitas si kecil sedini mungkin. Momentum Hari Raya Natal, misalnya, jangan sampai terlewat tanpa keterlibatan buah hati.

Anda, misalnya, bisa meminta bantuan si kecil untuk memastikan suasana Natal benar-benar hadir di rumah. Tentu, pastikan pula aktivitas ini tak butuh tenaga besar atau berisiko.

Berikut ini sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan bersama buah hati untuk menyambut Natal:

Menghias pohon natal

Anak akan sangat bersemangat saat orangtua menghias pohon untuk perayaan Natal. Bila biasanya Anda melakukannya sendiri, kini ajak mereka terlibat.

Tanyakan padanya, tema atau hiasan apa yang mau mereka pakai. Kemudian, arahkan anak-anak untuk membuat karya pohon versi mereka. Bila Anda memiliki waktu lebih banyak, ajak mereka membuat sendiri hiasan yang akan dipasang di pohon Natal.

Dengan menggunakan kertas berwarna atau bola plastik, Anda bisa mengajak mereka membuat sendiri hiasan  tersebut. Namun, bila tak ingin kesulitan, hiasan natal juga bisa didapat dengan mudah di pusat belanja atau situs web seperti Bukalapak.com. Jangan lupa tanya pendapat anak, hiasan mana yang mereka sukai. 

Merapikan rumah

Meski menjemukan, merapikan rumah adalah hal yang wajib dilakukan saat menyambut hari raya. Agar lebih ringan, ajak anak Anda terlibat.

Mereka bisa membantu hal-hal ringan seperti merapikan kamar tidur atau mainannya sendiri. Jangan lupa untuk mendampingi saat mereka melakukannya. Kegiatan ini bisa mengajarkan mereka soal tanggung jawab.

Membuat kue

Hal lain yang bisa dilakukan bersama anak adalah membuat kue. Ajak mereka menyiapkan adonan atau saat menghiasnya.

Biasanya, anak akan bersemangat saat melihat kue dengan warna-warna kesukaan mereka. Jangan lupa pancing dia dengan memberi sentuhan warna tersebut pada kue yang ingin dibuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com