Kompas.com - 28/12/2015, 16:49 WIB
Maria Harfanti tampak begitu trendi mengenakan blouse motif parang rusak di karantina Miss World 2015 INSTAGRAMMaria Harfanti tampak begitu trendi mengenakan blouse motif parang rusak di karantina Miss World 2015
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Ajang Miss World 2015 baru saja berlalu dengan keriuhan dan drama di dalamnya. Satu hal yang perlu dicatat juga adalah munculnya aneka ragam kain dan motif batik Indonesia di sana.

Maria Harfanti, Miss Indonesia inilah yang mengenalkan kekayaan ragam kain dan motif batik di ajang tersebut. Selama menjalani masa karantina dan penilaian, Maria, yang kemudian menjadi juara ketiga ajang tersebut, kerap mengenakan busana berbahan kain tradisional dan batik.

Pada akun Instagram pribadinya, @mariaharfanti, ia terlihat beberapa kali beraktivitas mengenakan batik. Dalam salah satu foto, Maria mengenakan blouse tanpa lengan dengan motif batik Parang Rusak berwarna cokelat dengan paduan celana panjang putih.

Dilansir Kompas.com (20/12/2015), motif tersebut memiliki filosofi sebagai lambang manusia internal melawan kejahatan dengan mengendalikan keinginan sehingga membuat seseorang menjadi lebih bijaksana dan memiliki watak mulia.

Pada foto lain, Maria mengenakan busana bermotif floral dengan pasangan rok motif batik. Busana ini dia pakai saat menghadiri Sanya Beach Party. "Wherever I am, I Show my identity, culture, and pride as an Indonesian," tulis Maria dalam salah satu foto lain.

Dengan kalimat itu, Maria menyatakan keinginannya selalu memperlihatkan identitas budaya di mana pun dia berada. Dia Bangga menjadi orang Indonesia.

Lewat foto-foto selama ajang Miss World 2015, Maria tak hanya memperlihatkan kebanggaan, tetapi juga membuktikan bahwa batik cocok dikenakan dalam beragam kegiatan. Padu-padan batik yang dikenakannya saat acara cocktail party tak membuatnya terlihat salah kostum. Busana tersebut bisa menjadi rekomendasi untuk acara serupa bagi Anda.

Terlebih lagi jenis batik di Indonesia sudah tak terhitung. Kain Nusantara itu sudah ada dengan beragam motif dan warna dari tiap daerah. Dengan sedikit berkreativitas memadu-padankan kain dengan busana lain, Anda pun bisa seperti Maria.

Lagi pula, saat ini tak sulit menemukan batik. Mulai dari toko pakaian, pusat belanja hingga situs belanja online seperti Bukalapak.com menyediakannya. Jadi, kenapa tak mulai juga mengenakan batik untuk beragam agenda acara?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X