Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet DASH, Diet Terbaik 6 Tahun Berturut-turut

Kompas.com - 07/01/2016, 12:18 WIB
KOMPAS.com – Diet DASH kembali menempati posisi teratas selama 6 tahun berturut-turut dalam peringkat diet tahunan di US News & World Report yang dirilis Selasa (05/01/2015).

Untuk tahun ini, ada 38 program diet yang dinilai - bertambah 3 diet dibanding tahun 2015 - dengan penentuan peringkat yang didasarkan oleh ulasan dari panel ahli.

Dua program diet tambahan baru mendapat nilai yang sangat tinggi: diet MIND, yang berfokus pada peningkatan kesehatan otak dan diet Fertility (kesuburan) yang bertujuan untuk membantu wanita agar bisa hamil lebih cepat.

Diet MIND menggabungkan fitur dari program diet DASH dan Mediterania yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan otak.

Pemeringkatan ini juga menambahkan kategori baru, yaitu Best Diets for Fast Weight Loss (diet terbaik untuk penurunan berat tercepat).

"Kami menyadari bahwa orang yang diet mungkin mempunyai tujuan penurunan badan jangka pendek dan membutuhkan pilihan-pilihan untuk mewujudkannya dengan cara yang sehat," kata Angela Haupt, editor kesehatan senor di U.S News.

DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) telah dikembangkan oleh National Heart, Lung and Blood Institute untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Diet itu fokus pada konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian sekaligus menurunkan konsumsi garam.

Selain dinobatkan sebagai Best Diet Overall (Diet Terbaik Secara Keseluruhan), DASH juga menempati urutan pertama dalam kategori Best Diets for Healthy Eating (Diet Terbaik untuk Makan Sehat).

Weight Watchers menempati tempat pertama dalam kategori Best Weight Loss Diets (diet menurunkan berat badan terbaik). Program Weight Watchers dan Mayo Clinic menempati urutan yang sama untuk kategori Best Commercial Wight Loss Diet (Diet penurunan berat badan komersial terbaik), dengan Jenny Craig menempati urutan selanjutnya.

Setiap orang memilih metode diet dengan alasan yang berbeda-beda. Beberapa mempunyai tujuan penurunan berat badan jangka pendek, yang lainnya untuk jangka panjang.

Salah satu pesaing terbaru, seperti namanya, bertujuan untuk meningkatkan peluang seorang wanita untuk hamil. Sementara yang lain menjalani diet untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengatasi diabetes atau untuk menurunkan risiko terkena penyakit tersebut. (Gibran Linggau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com