Kompas.com - 10/01/2016, 13:35 WIB
Iklan pemutih kulit menampilkan pesan terlalu esktrem. METRO.CO.UKIklan pemutih kulit menampilkan pesan terlalu esktrem.
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com --
Sebuah video komersial di Thailand mendapatkan kecaman karena dituding rasis. 

Publik menilai iklan tersebut merendahkan orang dengan kulit bewarna gelap. Jargon "White Makes You Winner" pun semakin membuat kondisi yang panas semakin parah. 

Iklan dari perusahaan kecantikan, Seoul Secret, berdurasi 50 detik ini menampilkan model sekaligus aktris, Chris Horwang (35).

Awalnya iklan menampilkan Horwang yang berkulit putih, tiba-tiba kulitnya berubah menjadi semakin gelap.  Lalu, ketika kulitnya menjadi sangat gelap karena efek make up, hadir seorang wanita dengan kulit putih.

Selanjutnya, Horwang seperti  terlihat iri melihat wanita tersebut.

"Jika aku berhenti merawat tubuhku dan kulit putihku, maka seluruh hal cerah yang telah aku investasikan hilang. Pendatang baru akan hadir menggantikanku dan aku berubah menjadi bintang yang gelap," ujar Horwang pada iklan Seoul Secret.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Iklan pun lantas menjadi heboh, terutama di media sosial, karena dinilai rasis dan merusak persepsi kecantikan.

Banyak orang yang meminta pihak Seoul Sister untuk minta maaf secara terbuka pada pihak-pihak yang merasa dirugikan.

Menanggapi kecaman dan respon negatif, Seoul Sister pun mengeluarkan pernyataan dan menjelaskan jalan cerita dari iklan komersial yang mereka tayangkan.

"Perusahaan kami tidak memiliki maksud untuk menyebar pesan rasis atau diskriminasi. Kami ingin menunjukkan jika peningkatan pribadi dalam hal perilaku, penampilan, skill, dan profesionalitas sangat penting," tulis pernyataan dari Seoul Sister.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X