Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Pemutih Kulit dari Thailand Dituding Rasis

Kompas.com - 10/01/2016, 13:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Sebuah video komersial di Thailand mendapatkan kecaman karena dituding rasis. 

Publik menilai iklan tersebut merendahkan orang dengan kulit bewarna gelap. Jargon "White Makes You Winner" pun semakin membuat kondisi yang panas semakin parah. 

Iklan dari perusahaan kecantikan, Seoul Secret, berdurasi 50 detik ini menampilkan model sekaligus aktris, Chris Horwang (35).

Awalnya iklan menampilkan Horwang yang berkulit putih, tiba-tiba kulitnya berubah menjadi semakin gelap.  Lalu, ketika kulitnya menjadi sangat gelap karena efek make up, hadir seorang wanita dengan kulit putih.

Selanjutnya, Horwang seperti  terlihat iri melihat wanita tersebut.

"Jika aku berhenti merawat tubuhku dan kulit putihku, maka seluruh hal cerah yang telah aku investasikan hilang. Pendatang baru akan hadir menggantikanku dan aku berubah menjadi bintang yang gelap," ujar Horwang pada iklan Seoul Secret.

Iklan pun lantas menjadi heboh, terutama di media sosial, karena dinilai rasis dan merusak persepsi kecantikan.

Banyak orang yang meminta pihak Seoul Sister untuk minta maaf secara terbuka pada pihak-pihak yang merasa dirugikan.

Menanggapi kecaman dan respon negatif, Seoul Sister pun mengeluarkan pernyataan dan menjelaskan jalan cerita dari iklan komersial yang mereka tayangkan.

"Perusahaan kami tidak memiliki maksud untuk menyebar pesan rasis atau diskriminasi. Kami ingin menunjukkan jika peningkatan pribadi dalam hal perilaku, penampilan, skill, dan profesionalitas sangat penting," tulis pernyataan dari Seoul Sister.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com