Gula Darah Tinggi Tingkatkan Komplikasi Serangan Jantung

Kompas.com - 11/01/2016, 07:35 WIB
Ilustrasi pemeriksaan gula darah medicalstuteringIlustrasi pemeriksaan gula darah
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkam risiko komplikasi serangan jantung, begitu menurut penelitian terbaru dari University of Leicester di Inggris. 

Para peneliti menemukan, tingginya glukosa di dalam darah menyebabkan terjadinya kontraksi pembuluh darah yang lebih kuat, sekaligus  mengidentifikasi protein berhubungan dengan peningkatan kontraksi.

Serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke jantung tersumbat. Kadar gula darah tinggi saat serangan terjadi akan menyebabkan penyumbatan ini semakin parah, membuat arteri berkontraksi lebih kencang, sehingga terjadi peningkatan risiko komplikasi.

"Penelitian kami telah menunjukkan bahwa kadar gula darah dapat mengubah kebiasaan pembuluh darah menjadi abnormal. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau mengurangi jumlah darah yang dialirkan ke organ- organ penting tubuh," kata Richard Rainbow, dosen bidang fisiologi sel kardiovaskular.

"Di sini, kami juga mengidentifikasikan bahwa protein kinase C juga berperan penting dalam proses kontraksi tersebut," tambah Richard lagi.

Sejumlah besar orang dengan penyakit jantung akan memiliki kadar gula yang tinggi yang disebabkan oleh stres. Ini berarti, meski seseorang bukan penderita diabetes, mereka tetap berisiko mengalami kenaikan kadar gula darah saat terjadi serangan jantung.

Manajemen stres dan pengendalian gaya hidup pada pasien jantung sangat diperlukan untuk mengurangi risiko berbahaya ini.

Studi Lenceister ini telah dipublikasikan di British Journal of Pharmacology.



Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X