Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2016, 12:45 WIB
Ayunda Pininta,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sedikit membenahi isi kulkas Anda nyatanya bisa membawa perubahan besar dalam usaha penurunan berat badan. Selain itu, tata letak makanan yang baik bisa membawa Anda untuk memilih makanan yang lebih sehat.

 

Hadirkan mangkuk buah potong di kulkas

Siapkan sebuah mangkuk atau kotak makanan berisi buah yang telah dipotong dan siap makan bisa menjadi solusi sehat pengganti camilan seperti kue, snack, atau gula-gula.

Pastikan buah bergizi seperti apel, pir, kiwi, peach, melon, dan buah jeruk selalu tersedia di mangkuk buah di kulkas Anda. Ini akan membuat Anda tergiur untuk memakan beberapa potong buah setiap kali membuka kulkas.

Sehingga, keinginan untuk makan makanan manis tinggi kalori nol nutrisi pun bisa diredam tanpa terasa. Buah yang kaya serat pun mampu membuat perut kenyang sehingga menghindarkan Anda dari makan berlebih.

 

Susun makanan berdasar kategori “sehat” dan “kurang sehat”

Misalnya, semua makanan sehat diletakkan dalam kontainer berwarna hijau, sedang makanan yang kurang sehat dalam kontainer berwarna merah.

Dengan begitu, Anda seakan memiliki “warning” sebelum menyantap sesuatu. Dan ketika Anda ingin hidup lebih sehat, tentu, tanpa sadar, secara psikologis Anda akan tergiring untuk memperbanyak stok makanan dalam kontainer berwarna hijau.

 

Letakkan makanan sehat di tempat yang mudah terjangkau

Letakkan mangkuk atau kontainer buah dan salad di lokasi yang paling mudah diakses oleh mata dan tangan Anda. Sebab, orang cenderung memilih makanan yang mudah diakses ketimbang yang tak terlihat.

Sehingga, bila Anda ingin menjauhkan diri dari makanan olahan atau makanan ringan yang kurang sehat, letakkan mereka di bagian paling dalam kulkas.

Setidaknya, Anda membutuhkan waktu lebih untuk meraih mereka. Dan waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk berpikir ulang untuk memilih makanan yang lebih sehat.

 

Alternatif camilan sehat

Bila Anda tak bisa jauh dari camilan dingin seperti es krim, smoothie, pudding dingin, atau apapun yang mengandung gula tinggi, pastikan Anda memiliki pilihan yang lebih rendah kalori, seperti sorbet atau yogurt plain yang mengandung lebih sedikit kalori ketimbang es krim susu.

Hal yang sama berlaku untuk camilan lainnya, cukup sediakan varian yang lebih sehat. Dengan begitu hasrat “ngidam” Anda mengonsumsi makanan dingin tetap terpenuhi dan tidak menganggap gaya hidup sehat sebagai beban yang berat untuk dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com