Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Zika Menyebar, Ibu Hamil Diminta Hindari 22 Destinasi Ini

Kompas.com - 25/01/2016, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Foxnews

KOMPAS.com - Penyebaran virus Zika semakin meluas. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC (Centers for Disease Control and Prevention) di Amerika Serikat pun menambah peringatan perjalanan menjadi ke 22 destinasi.

Peringatan perjalanan, khususnya bagi ibu hamil, terutama untuk kawasan Amerika Latin dan Karibia. Ibu hamil yang tertular virus Zika dikhawatirkan akan melahirkan bayi dengan mikrosefali yaitu ukuran kepala kecil karena bagian otaknya tidak berkembang.

Virus ini dapat ditularkan kepada manusia oleh gigitan nyamuk. Daerah maupun negara yang sebaiknya dihindari ibu hamil menurut CDC yaitu, Barbados, Bolivia, Ekuador, Guadeloupe, Saint Martin dan Guyana, Cape Verde, daerah lepas pantai Afrika Barat, dan Samoa di Pasifik Selatan.

Adapun peringatan perjalanan yang dikeluarkan pekan lalu, yaitu untuk kunjungan ke Kolombia, El Salvador, Guyana Prancis, Guatemala, Haiti, Honduras, Martinique, Meksiko, Panama, Paraguay, Puerto Rico, Suriname, Venezuela, dan tentu saja Brasil.

CDC memperingatkan wanita hamil untuk menunda perjalanan ke sejumlah daerah tersebut karena khawatir penyebaran virus Zika. Semua wisatawan yang berada di daerah itu juga diminta lebih waspada. Mereka disarankan mengenakan baju lengan panjang dan memakai losion antinyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk.

Virus Zika dipercaya menjadi penyebab lahirnya bayi dengan mikrosefali, yaitu kepala yang sangat kecil dan perkembangan otak abnormal. Penelitian masih dilakukan untuk memastikan apakah mikrosefali disebabkan oleh infeksi virus Zika.

Gejala dari infeksi Zika antara lain demam, ruam, hingga nyeri sendi. Akan tetapi kebanyakan orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala. Jika muncul gejala, CDC meminta masyarakat untuk segera periksa ke dokter dan memberitahu riwayat petjalanan.

Kekhawatiran pemerintah AS itu cukup berasalan karena saat ini sekitar lima orang di Amerika Serikat sudah terinfeksi virus Zika. Sebelumnya, lebih dari 2.700 bayi di Brasil dilaporkan lahir dengan mikrosefali pada tahun 2015. Jumlah ini meningkat drastis dibanding tahun 2014, yaitu hanya sekitar 150 kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com