Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2016, 16:00 WIB
KOMPAS.com — Orang-orang yang bisa berusia di atas 100 tahun selalu mengundang kekaguman karena mereka mampu mengalahkan berbagai faktor risiko yang menyebabkan seseorang meninggal cepat.

Itu sebabnya, ketika para centenarian (sebutan untuk orang berumur lebih dari 100 tahun) meninggal, penyebab kematiannya selalu menarik untuk diketahui, terutama bagi para ilmuwan.

Dalam laporan yang dikeluarkan oleh CDC National Center for Health Statistics, dijelaskan mengenai penyakit yang menyebabkan kematian para centenarian ini.

Ada lima penyebab kematian centenarian pada tahun 2014, yaitu penyakit jantung, alzheimer, stroke, kanker, influenza, dan pneumonia.

Para peneliti juga menemukan bahwa angka penyakit alzheimer naik 119 persen antara tahun 2000 dan 2014.

Walau sekitar 40 persen centenarian tidak menderita alzheimer, tetapi ketika mereka akhirnya terkena penyakit ini, hal itu karena kemunculannya memang lebih lambat dibanding populasi umum.

Jumlah orang yang bisa berusia di atas 100 tahun memang terus meningkat. Hal ini terutama di negara yang memiliki sistem kesehatan yang baik. Upaya pencegahan penyakit, seperti penyakit infeksi dan masalah saat persalinan, juga berpengaruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com