Kompas.com - 28/01/2016, 16:02 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Pasangan yang sedang menjalani hubungan serius pasti memiliki pertanyaan dalam hati, "Apakah benar dia belahan jiwa yang selama ini Anda cari?". 

Mencari pasangan untuk setia bersama  hingga maut memisahkan bukan hal yang mudah, tapi  bukan berarti Anda tidak dapat mengetahuinya.

Menurut penulis sekaligus konsultan hubungan, Jordan Gray, yang telah mewawancarai pasangan menikah selama 20 sampai 60 tahun, cara mengetahui apakah pasangan Anda sekarang adalah belahan jiwa Anda sangat mudah, yakni bertanyalah pada orang terdekat Anda.

"Teman dekat dan anggota keluarga Anda memang bukan Anda, tetapi mereka memiliki pandangan yang cukup baik mengenai siapa Anda. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan jika orang terdekat Anda sebenarnya tahu diri Anda lebih baik dibanding Anda sendiri," ungkap Gray.

Sementara itu, Franklin Veaux, penulis dari More Than Two: A Practical Guide to Ethical Polyamory mengatakan bahwa ada cara lain untuk tahu apakah pasangan Anda adalah seorang belahan jiwa Anda.

"Belahan jiwa secara sederhana adalah orang yang dapat membuat Anda menjadi versi diri Anda yang terbaik, begitu pula sebaliknya. Lupakan semua hal yang Anda baca di novel romantis dan film komedi yang bercerita tentang malaikat yang bernyanyi, atau kupu-kupu dalam perut Anda. Semua itu jarang terjadi dan itu dapat mengarahkan Anda pada hal yang salah," ungkap Veaux. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.