Cara Sehat Konsumsi Karbohidrat

Kompas.com - 05/02/2016, 17:55 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Makanan kaya karbohidrat seperti nasi putih, kentang, bahkan pisang seringkali dihindari oleh para pelaku diet, khususnya mereka yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan.

Sayangnya, tak mudah juga meninggalkan sumber karbohidrat. Tapi, tak usah khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat karbohidrat lebih sehat bagi tubuh.

Rebus nasi dengan minyak kelapa, kemudian dinginkan
Bila dimakan dalam porsi seimbang, kombinasi antara nasi putih dan lauk yang kaya protein serta lemak sehat, bisa menjadi awal penurunan berat badan yang sehat.

Lalu, bagaimana bila Anda terlanjur menghindari nasi putih, tapi juga tak menemukan kepuasan saat makan nasi merah?

Coba lakukan ini, masaklah nasi dengan minyak kelapa, kemudian dinginkan, untuk meningkatkan pati resisten hingga sepuluh kali lipat, sehingga mampu memotong setengah kalori, ketimbang memasak nasi putih hanya dengan air. Hasil tersebut didapat oleh para peneliti dari Sri Lanka’s College of Chemical Sciences.

Peneliti merekomendasikan, tambahkan satu sendok teh minyak kelapa pada air mendidih, tambahkan setengah cangkir beras putih, dan didihkan selama 40 menit, kemudian dinginkan selama 12 jam. Lalu panaskan untuk Anda makan.

Makan pisang yang tak terlalu matang
Pati resisten dianggap sebagai bentuk serat makanan, menolak untuk diserap sepenuhnya oleh tubuh Anda.

Ini berarti bahwa, makanan tinggi pati resisten dapat membantu dalam mengelola kadar gula darah dan mengurangi penyerapan kalori.

Mereka juga berpotensi meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, karena pati dapat dianggap sebagai prebiotik.

Pisang yang tak terlalu matang mengandung pati resisten lebih kuat dibandingkan dengan pisang matang, mengonsumsi pisang yang masih sedikit hijau bisa menjadi sumber kesehatan yang lebih baik.

Makan kentang yang sudah dingin
Ketika dimasak lalu didinginkan, sumber makanan bertepung dinilai lebih tinggi pati resisten ketimbang memakannya saat masih panas.

Berdasarkan studi pada pasien ileostomy yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition, kentang yang baru dimasak memiliki jumlah pati resisten lebih sedikit, lebih rendah dari kentang yang sudah didinginkan.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik kentang, masak bersama kulitnya untuk meningkatkan serat dan asupan antioksidan. Hal ini juga dapat memperlancar pencernaan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Yahoo News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X