Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkal “Mata Panda” dengan Masker dari Baking Soda, Apakah Aman?

Kompas.com - 16/03/2016, 10:35 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber allure.com

KOMPAS.com – Lingkaran hitam di area sekitar mata membuat penampilan Anda terlihat tua dan lelah.

Penyebab timbulnya lingkaran hitam yang banyak disebut dengan istilah mata panda ini karena kulit kurang lembab, stres, dan sering begadang.

Salah satu pencegah dan penawar dari “mata panda” adalah krim dan masker khusus mata yang rutin diaplikasikan setiap malam.

Namun, seorang pecinta tren kecantikan dan beauty blogger, Darshika Patel, merilis video di YouTube yang memperlihatkan bahwa baking soda bisa menjadi solusi praktis untuk menghilangkan lingkaran hitam di mata.

Dalam video itu, Patel mengatakan bahwa campuran baking soda dan air yang diaplikasikan sebagai masker di bawah mata, ampuh menyegarkan wajah secara instan.

Patel pun mendemonstrasikan cara mengaplikasikan masker baking soda tersebut, yakni dipulaskan perlahan menggunakan bagian belakang sendok.

“Kamu akan merasakan bahwa memakai sendok membuat masker lebih lembut sekaligus padat sehingga tidak meleleh ke pipi,” saran Pattel.

Kemudian, Patel menyarankan, tunggu lima sampai dengan 10 menit. Lalu, bilas hingga bersih.

Video tersebut tersebar viral dan mengundang rasa penasaran banyak wanita untuk mencobanya.

Sebab, tak diragukan lagi bahwa campuran baking soda dan air bisa jadi jalan keluar dengan harga terjangkau untuk mengatasi “mata panda”.

Namun, apakah metode ini aman?

Sayang sekali, menuru Randy Schueller, seorang ahli kimia produk kosmetik, masker baking soda bukanlah ide terbaik untuk meredakan lingkarah hitam di mata.

“Kontak langsung baking soda dengan kulit wajah bisa berbahaya dan risiko tinggi. Sebab, baking sodan memilih pH tinggi yang bisa membuat kulit wajah keracunan zat kimia,” jelas Schueller.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber allure.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com