Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2016, 19:42 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Desainer yang mengharumkan nama Indonesia di ajang Grammy Awards beberapa waktu lalu, Didiet Maulana, kembali melakukan terobosan.

Kali ini, Didiet bekerjasama dengan para perajin setagen asal Yogyakarta, membuat setagen yang hampir punah dan bernilai rendah menjadi busana high fashion bernilai tinggi.

Didiet yang ditemui sebelum acara Plaza Indonesia Fashion Week 2016 sempat bercerita awalnya dia ditawarkan untuk membantu para perajin setagen.

Dirinya tergerak setelah mendengar harga setagen yang hanya dihargai Rp 20.000 padahal proses pembuatannya terbilang rumit.

Akhirnya, di panggung Plaza Indonesia Fashion Week, Didiet menghadirkan koleksi busana Ikat Indonesia dengan perpaduan model kebaya bali dan aksesoris setagen.

Kerjasama Didiet dengan para perajin setagen masih belum berhenti.

Pada pameran Cerita Tenun Tangan, yang diselenggarakan di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (16/3/2016) Didiet hadir bersama rekan bisnisnya, para penenun setagen.

"Akan ada koleksi khusus setagen, yang didedikasikan khusus bagi para pengrajin setagen," ujar Didiet pada Kompas Female.

Saat ditanya kapan tepatnya show tersebut, Didiet hanya berkata, "Secepatnya, tunggu tanggal mainnya,".

Saaat ini, koleksi busana Ikat Indonesia dengan tenun setagen sudah dapat dibeli, meski belum koleksi lengkap.

Rencananya, setelah show koleksi khusus yang didedikasikan kepada para perajin setagen juga akan dijual di Ikat Indonesia, lini busana rancangan Didiet Maulana. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com