Pro Kontra Koleksi Baju Renang Tertutup Koleksi Marks and Spencer

Kompas.com - 04/04/2016, 17:06 WIB
Koleksi Burkini dari Marks and Spencer. METRO.CO.UKKoleksi Burkini dari Marks and Spencer.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Retail busana Marks and Spencer (M&S) baru saja meluncurkan koleksi baju renang dengan model tertutup yang dapat dikenakan oleh semua wanita, termasuk wanita muslim berhijab.

Baju renang dengan nama Burkini tersebut memiliki model celana panjang dan gaun selutut yang agak longgar, lengkap dengan penutup kepala yang menutup hingga ke bagian leher.

Burkini lantas menuai perdebatan di negara barat karena dianggap mengekang kebebasan wanita. Salah seorang yang paling vokal menolak burkini adalah Pierre Berge, co-founders rumah mode Yves Saint Laurent.

"Aku merasa tersinggung. Pembuat busana harusnya tak melakukan apapun dengan fashion Islam. Designer harusnya membuat wanita lebih cantik, memberi mereka kebebasan, bukan berkolaborasi dengan sikap diktator yang mana merupakan hal keji dengan menyembunyikan wanita dan membuat mereka menjalani hidup yang tersembunyi," ungkap Berge frontal.

Namun, banyak yang menuding jika pernyataan Berge tersebut adalah pernyataan munafik.

Sebab, YSL beberapa waktu lalu meluncurkan koleksi Moroccan (Maroko) yang merupakan negara muslim di daerah Afrika Utara.

Koleksi tersebut YSL mengklaim bahwa busanayanya disesuaikan kebudayaan dan batas-batas kesopanan Maroko.

Selain Berge, adapula yang menyayangkan keputusan Marks and Spencer meluncurkan Burkini, yakni penulis Muslim, Yasmin Alibhai-Brown

Yasmin mengatakan bahwa M&S meski tak bermaksud, pada akhirnya menyebar kefanatikan.

Namun, banyak pula yang mendukung peluncuran Burkini.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X