Konsultasi Kesehatan Online, Kapan Dibutuhkan? - Kompas.com

Konsultasi Kesehatan Online, Kapan Dibutuhkan?

Kompas.com - 09/04/2016, 10:00 WIB
Thinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan teknologi digital, cara berkomunikasi seseorang saat ini mulai bergeser. Kemudahan mengakses kecanggihan teknologi dalam berkomunikasi juga bisa dimanfaatkan untuk menjawab keluhan pasien.

Melalui aplikasi konsultasi online di gawai, dengan satu sentuhan saja seseorang dapat memilih dokter yang sesuai dengan keluhan penyakitnya dan bisa berkonsultasi kapan saja.

Menurut dr.Irwan Heriyanto, MARS, aplikasi dokter online penting untuk mendapat respon cepat atas suatu masalah kesehatan.

"Hubungan antara dokter dan pasien itu sangat unik dan personal. Juga ada kerahasiaan yang harus dijaga. Konsultasi dokter secara online adalah sebuah terobosan untuk mempersingkat waktu," kata Irwan dalam acara media edukasi bertajuk "Sumbangsih Pemuda untuk Kesehatan Bangsa Melalui Teknologi” di Jakarta (8/4/16).

Irwan menjelaskan, konsultasi dokter online bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan respon singkat terhadap suatu masalah kesehatan. "Setiap penyakit memiliki golden period. Kualitas kesembuhan juga tergantung pada tindakan cepat dari orang di sekitarnya pada masa golden period itu," kata Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia, Kota Bekasi ini.

Ia mencontohkan kasus tersiram air panas yang butuh penanganan segera. "Kena air panas memang harus ke dokter, tapi kalau tahu apa yang harus dilakukan pertama kali setidaknya bisa mencegah lapisan kulit yang rusak tidak terlalu dalam," ujarnya.

Tahapan pemeriksaan dan diagnosis dokter kepada pasiennya terdiri dari beberapa tahap, antara lain anamnesis (tanya jawab), pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang, baik itu periksa laboratorium atau rontgen.

"Porsi terbesar adalah anamnesis yang detail, baru bila diperlukan pemeriksaan tambahan lewat fisik atau penunjang. Dari uraian yang jelas dari pasien biasanya dokter sudah punya gambaran penyakitnya," kata Irwan.

Walau demikian, untuk penyakit degeneratif seperti tekanan darah tinggi atau diabetes memang diperlukan pemeriksaan fisik sehingga konsultasi online kurang tepat.

Psikolog Vierra Adella mengatakan, hal terpenting dari layanan konsultasi dokter online adalah membuat relasi yang lebih mudah dengan dokter. “Kalau relasinya sudah  mudah, maka penyakit pun seakan bisa berkurang,” kata psikolog yang akrab disapa Adella ini.

Adella menambahkan, dengan konsultasi online tentu saja waktu juga menjadi lebih singkat karena birokrasi di rumah sakit bisa dipangkas. Selain itu, kemudahan ini juga bisa membantu pasien menemukan tanda penyakit lebih dini.

"Jangan sampai sudah kuratif atau pengobatan. Kalau dulu orang mungkin abai dengan kesehatannya, sekarang sudah ada aplikasi dokter ini kita jadi lebih peduli dengan kondisi tubuh karena kalau mulai ada keluhan bisa langsung bertanya," ujarnya.


EditorLusia Kus Anna
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X