Kompas.com - 13/04/2016, 16:02 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Musik merupakan simfoni sarat makna yang memberikan ragam pengaruh pada pendengarnya.

Sebab, untuk sebagian orang, musik tak hanya dianggap sebagai suatu unsur yang menghibur, tetapi juga mampu menciptakan gairah dan semangat. Salah satunya adalah menjaga konsentrasi saat bekerja.

Anda yang termasuk orang yang sulit berkonsentrasi, maka musik bisa menjadi alunan untuk mengarahkan perhatian berpusat pada pekerjaan.

Pada buku yang berjudul The Healing Energies of Music, sang penulis yang bernama Hal A Lingerman menyarankan untuk bekerja dengan iringan musik yang Anda suka. Namun, Lingerman mengatakan bahwa musik klasik merupakan pilihan terbaik.

Studi yang dilakukan oleh Lingerman menemukan bahwa musik dapat menyentuh bagian otak yang mengatur konsentrasi dan membuatnya lebih cepat bekerja.

Hal tersebut dapat terlihat jelas dari Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI) yang membuktikan bahwa musik klasik era Barok dapat membuat otak berfungsi secara maksimal.

Musik klasik, kata Lingerman, ampuh menyimpan berbagai informasi dalam memori menjadi lebih rapi dan teratur.

Sementara itu, musik pop bagus untuk didengarkan oleh Anda dengan pekerjaan yang dikejar tenggat waktu.

Kemudian, musik elektronik instrumental bisa menenangkan karyawan yang lebih banyak bekerja menggunakan angka dan statistika.

Seperti dikutip Daily Mail, Nobuo Masataka, profesor dari Japan’s Kyoto University, menjelaskan bahwa musik klasik karya Mozart memudahkan seseorang untuk meningkatkan kecerdasan dan menambah pengetahuan.

Pasalnya, senandung Mozart yang bergulir memiliki ketukan nada yang mampu meningkatkan daya serap dan kerja otak.

Terakhir, Profesor Masataka menegaskan, bekerja atau belajar sembari menikmati musik Mozart memang lebih efektif ketimbang Anda melakukannya di ruangan yang benar-benar sepi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.