Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Lakukan Ini Jika Alami "Bully" di Media Sosial

Kompas.com - 25/04/2016, 09:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Wanita adalah kaum yang rentan mengalami pelecehan di dunia maya. Menurut data Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), lebih kurang 95 persen netizen wanita mengalami pelecehan di media sosial. 

Selain itu, sudah banyak kasus di dunia maya yang menjadikan wanita sebagai korban pelecehan. Parahnya tubuh atau seksualitas dari wanita adalah hal yang paling sering diserang oleh haters, meski sama sekali tak ada hubungan dengan ide atau kalimat yang dipaparkan oleh wanita tersebut.

Jika mengalami pelecehan di dunia maya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan menurut Dhyta Caturani, aktivis dari Puple Code yang bergerak di bidang kesetaraan jender secara langsung atau di ranah teknologi serta penegakan HAM, yang ditemui di acara #PositionOfStrength oleh Twitter Indonesia, di Kekinian, Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Cara pertama, menurut Dhyta, adalah capture dan simpan semua pelecehan yang ditujukan pada Anda sebagai bukti.

Selanjutnya, Anda dapat mengambil langkah yakni melaporkan atau memblokir akun tersebut jika dianggap menggangu keamanan.

Lalu, apabila Anda masih dapat mentoleransi, abaikan atau mute akun media sosial pelaku pelecehan di media sosial.  

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari aturan privasi pada tiap media sosial.

Nah, untuk menghindari tindak lanjut kekerasan di media sosial, jangan pernah membagikan identitas pribadi di media sosial. Anda bisa menggunakan fitur geotagging atau pengumuman lokasi secara bijak.

Ingat, jangan sembarang mengumumkan lokasi Anda di media sosial. Terakhir, tentunya,  jangan sesekali berbagi password media sosial pada siapapun, meski itu pasangan Anda sendiri.   

  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com