Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2016, 09:02 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Kompas.com -- Walaupun resume Anda penting, tapi surat pengantar lamaran kerja sangat menentukan impresi pertama Anda.

Perlu kita akui, kompetisi kerja sangatlah ketat. Setiap harinya, calon atasan Anda menerima puluhan atau bahkan ratusan lamaran dan setelah membaca untuk kesekian kalinya, kemungkinan besar mereka akan capek dengan kalimat-kalimat yang generik.

Lalu, bagaimana cara menulis surat pengantar lamaran kerja yang menarik dan meraih kesempatan wawancara?

1.    Gunakanlah nada yang berbeda untuk setiap perusahaan

Hindari mengirimkan surat pengantar yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pekerjaan karena mereka terlalu generik. Anda perlu memastikan bahwa nada surat Anda sesuai dengan tipe pekerjaan yang Anda inginkan. Apakah perusahaan tersebut menginginkan orang yang serius atau supel? Keduanya memerlukan cara penulisan surat yang berbeda.

2.    Yakinkan calon atasan atau HRD dengan pengalaman Anda

Anda harus meyakinkan pembaca bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut. Hal terbaik untuk meningkatkan nilai Anda adalah dengan menghubungkan pengalaman dan keahlian yang sudah Anda kumpulkan dengan deskripsi pekerjaan tersebut.

3.    Jadilah berbeda

Jangan ulangi apa yang Anda tulis di resume. Surat pembuka berfungsi sebagai kesempatan untuk menunjukan personalitas Anda.

4.    Jangan menyebutkan kekurangan Anda

Jika mereka tidak menanyakan kelemahan atau kegagalan Anda, jangan berikan informasi tersebut secara sukarela.  Simpan jawaban itu untuk wawancara Anda.

5.    Fokus terhadap perusahaan, bukan diri Anda sendiri

Berusahalah sebaik mungkin untuk menunjukan bahwa Anda perduli dengan perusahaan yang Anda lamar dan bagaimana Anda ingin membantunya bertumbuh. Hindari terlalu banyak penggunaan kata “saya” atau “aku” dan tunjukan bagaimana Anda akan menjadi komponen yang membantu.

6.    Panjang surat harus tepat

Batasi surat pengantar lamaran kerja Anda sepanjang satu halaman dan empat paragraf. Yang pertama adalah perkenalan, posisi yang Anda incar, dan satu kalimat yang dapat menjelaskan alasan Anda melamar dan mengapa Anda kandidat yang tepat secara ringkas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com