Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2016, 19:38 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Kompas.com -- Kita sering bicara mengenai kekerasan fisik dalam rumah tangga namun kekerasan domestik secara psikis jarang sekali mendapat sorotan. Sebuah tagar di twitter membuka diskusi mengenai isu tersebut.

Pada tahun 2003, sebuah studi yang merupakan hasil kerjasama antara Portland State University dan University of Tennessee Health Science Center menunjukan bahwa 95 persen dari pria yang melakukan KDRT secara fisik juga melakukan kekerasan secara psikis.

Namun, kekerasan psikis seperti kemarahan yang berlebihan, kecemburuan, kebutuhan untuk mengontrol dan manipulasi juga dapat berdiri sendiri dan mereka biasanya jarang dilaporkan.

Hashtag #MaybeHeDoesntHitYou yang berarti “mungkin dia tidak memukulmu” diciptakan untuk membicarakan situasi ini.

Para wanita turun ke Twitter untuk menceritakan pengalaman pahit mereka.

Seorang pengguna twitter dengan username  @decricotage menulis “mungkin dia tidak memukulmu, tapi dia berusaha mengontrol dengan siapa kamu bicara, kemana kamu pergi, teman apa yang boleh kamu miliki, dan dia beralasan karena cinta.”

Laurie Penny atau @pennyred juga menulis “mungkin dia tidak memukulmu tapi dia terus mengkritik bajumu, makeup-mu, menyuruhmu untuk berolahraga dan menjadi lebih feminin.”

Menurut National Coalition Againts Domestic Abuse Violence, 4 dari 10 orang pernah mengalami kontrol koersif dari pasangan mereka.

Kemudian, 7 dari 10 wanita yang pernah mengalami KDRT psikis menunjukan simptom gangguan seks pascatrauma dan/atau depresi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com