Kapan Waktu yang Tepat Memberi Makanan Padat untuk Bayi?

Kompas.com - 27/05/2016, 17:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Melihat perkembangan bayi dari hari ke hari, minggu dan bulan adalah sesuatu yang sangat luar biasa bagi orang tuanya. Dari hanya minum ASI hingga tiba saat bayi Anda diperkenalkan pada makanan padat pertamanya.

Pertanyaannya, kapankah saat yang tepat bagi bayi untuk mencoba makanan selain ASI atau susu? Begini penjelasannya.

Pertama kali bayi Anda mencoba makanan padat adalah hal yang sangat luar biasa! Siapkan kamera atau camcorder untuk merekam ekspresi dan reaksinya.

Para ahli kesehatan merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan, dan memberikan makanan pendamping selain ASI pada usia bayi setidaknya enam bulan.

 

Persiapan:

1. Pilih waktu ketika bayi Anda bahagia dan tidak terlalu lapar, lelah atau rewel. Pastikan Anda tidak terburu-buru, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman menyenangkan ini.

2. Pilih salah satu makanan yang bertekstur sangat lembut dan sesuai usianya. Kenalkan bayi pada makanan itu selama beberapa hari, sebelum diperkenalkan pada makanan baru yang berikutnya. Jangan lupa memeriksa apakah ada reaksi alergi.

3. Jika Anda perhatikan bayi menjadi diare, muncul ruam, atau muntah setelah diperkenalkan pada makanan baru, hentikan pemberian dan konsultasikan pada dokter anak Anda.

4. Jika Anda menawarkan sereal atau bubur, pastikan produk itu memang sesuai dengan usia bayi dan diperkaya dengan nutrisi yang dibutuhkan.

5. Sebelum bayi dapat makan dalam jumlah normal, hendaknya tetap diberikan ASI. Baru setelah mulai dapat makan dalam jumlah normal, asupan ASI mulai dikurangi sedikit demi sedikit.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber WebMD
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X