Kata-kata Terbaik dan Terburuk untuk Surat Lamaran

Kompas.com - 31/05/2016, 06:33 WIB
THINKSTOCK.COM Ilustrasi

KOMPAS.COM -- Saat menulis surat lamaran, tidak dapat dipungkiri bahwa pemilihan kata memiliki andil besar dan dapat menentukan kesempatan Anda. Gunakan kata yang salah, bisa jadi Anda tidak mendapat panggilan walaupun sebenarnya Anda memiliki potensi besar.

Baru-baru ini, KickResume, sebuah blog mengenai karier mengunggah infografis berdasarkan hasil riset mereka terhadap 2.200 manajer Human Resource Department (HRD).

Ternyata, banyak kata-kata populer yang dianggap klise. Manajer-manajer ini sudah terlalu banyak membaca kalimat yang sama sehingga mereka merasa capek sebelum sampai ke akhir surat lamaran.

Kata-kata tersebut adalah: yang terbaik di bidangnya, berpikir unik, sinergi, terpercaya, pemain tim, pekerja keras, dinamis, peduli dengan detail, termotivasi, dan lain-lain.

Sementara itu, ada beberapa kata yang dianggap terbaik untuk ditulis dalam surat lamaran, yaitu: mencapai, meningkatkan, melatih, mengatur, menciptakan, menyelesaikan, bervolunter, mempengaruhi, menaikkan/menurunkan, ide, negosiasi, meluncurkan, keuntungan, di bawah budget, dan memenangkan.

Apakah Anda menemukan motifnya? Ya, sebagian besar dari kata-kata terbaik menggunakan kata kerja dibandingkan kata sifat seperti yang terdaftar sebagai kata-kata terburuk.

KickResume menyarankan Anda untuk mendeskripsikan secara spesifik keberhasilan Anda dibandingkan menggunakan kata-kata yang memuji diri sendiri.

Pastikan juga bahwa kata-kata yang Anda pilih adalah yang paling sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorShierine Wangsa Wibawa
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X