Manfaat Vitamin dan Mineral bagi Tubuh

Kompas.com - 31/05/2016, 19:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Keduanya berperan penting dalam proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh.

Dokter spesialis gizi klinik Samuel Oentoro mengungkapkan, vitamin dan mineral membantu pembentukan energi. Energi berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein. Akan tetapi, tanpa vitamin dan mineral, ketiganya sulit diubah menjadi energi.

"Kalau tubuh gampang lelah, kurang energi, itu karena defisit vitamin dan mineralnya," kata Samuel dalam acara peluncuran Multivitamin Centrum Advance di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Konsumsi vitamin dan mineral dapat menangkal radikal bebas di tubuh yang bisa menjadi sumber penyakit. Vitamin dan mineral juga membantu pelepasan neurotransmitter. Neurotransmitter diperlukan untuk mengirim perintah dari otak. Jika kekurangan vitamin dan mineral, maka perintah dari otak akan sulit dilakukan.

Samuel menjelaskan, ada dua jenis vitamin, yaitu yang larut dalam air dan larut lemak. Vitamin yang larut lemak adalah A, D, E, dan K. Vitamin lainnya, seperti B dan C adalah vitamin larut air. Sementara itu, mineral antara lain kalsium, asam folat, fosfor, iodine, magnesium, dan zinc.

"Untuk vitamin larut lemak, konsumsinya jangan sampai kelebihan dalam jangka waktu yang panjang," kata dia.

Samuel mengatakan, vitamin dan mineral banyak terdapat pada buah dan sayuran. Buah maupun sayuran ini pun seharusnya dikonsumsi mulai dari makan pagi, siang, dan malam setiap hari. Sayangnya, tak semua orang memiliki kebiasaan konsumsi buah dan sayuran.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2013, masyarakat Indonesia di atas 10 tahun yang kurang makan sayur dan buah mencapai 93,5 persen.

Beberapa vitamin dan mineral pada sayuran dan buah-buahan juga bisa hilang ketika diolah. Konsumsi suplemen vitamin bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X