Menghadiri Undangan Berbuka Puasa

Kompas.com - 02/06/2016, 18:39 WIB
Seorang warga berdoa sebelum berbuka puasa di Masjid mekah di Hyderabad, India, 19 Juni 2015. AP PHOTO / Mahesh Kumar ASeorang warga berdoa sebelum berbuka puasa di Masjid mekah di Hyderabad, India, 19 Juni 2015.
EditorWisnubrata

Masa puasa biasanya banyak undangan yang datang menghampiri kita. Ya dari teman sekantor, teman sepermainan, teman sepengajian, keluarga besar...pokoknya banyak-lah.

Masalahnya tidak semua undangan dapat kita penuhi, karena seringkali demi memenuhi undangan di luar, kita lalu kehilangan keakraban menjalani ritual dan makan bersama keluarga. Tapi menolak undangan pun, ada tatacaranya. Mau tahu?

Menolak Undangan

1. Bila undangan disampaikan melalui SMS/BBM/WA, maka sebaiknya Anda juga membalasnya melalui media yang sama. Gunakan kalimat pendek namun jelas dan tulis alasan ketidahadiran Anda.

2. Bila undangan disampaikan melalui telpon, Anda perlu juga menelpon si pengundang seraya meminta maaf tidak dapat hadir.

3. Apabila alasan Anda untuk tidak hadir disebabkan kesehatan, sebaiknya jelaskan juga. Misalnya, "Maaf, saya masih dalam masa pemulihan setelah keluar dari RS."

Menghadiri Acara Berbuka Puasa

Nah, apabila Anda menghadiri undangan yang Anda terima, hal-hal di bawah ini juga perlu diperhatikan.

1. Hindari datang tepat waktu, namun usahakan Anda sudah berada di tempat  30-45 menit sebelum jam yang tertera dalam undangan.

2. Waktu yang masih lowong (artinya sebelum acara secara resmi dimulai) dapat Anda pergunakan untuk menyapa tamu undangan lain dan berbincang hal-hal ringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X