Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2016, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Kurma adalah salah satu buah yang identik pada saat Ramadhan. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kurma juga kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Seperti yang dikatakan oleh dr. Fala Adinda dalam peluncuran produk Nafaoura di Bonobo Bar & Grill, Jakarta  (2/6) bahwa kurma memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita, diantaranya :

1. Mengontrol nafsu makan saat berbuka
Saat berbuka puasa biasanya kita selalu ingin makan berbagai makanan karena hawa nafsu kita untuk membalas dendam  setelah puasa seharian penuh. Namun jika kita mengawali berbuka dengan memakan kurma, kita bisa mengontrol rasa lapar saat berbuka puasa sehingga kita tidak akan makan berlebihan ketika berbuka.

2. Mudah dicerna
Mengawali buka puasa dengan makan buah kurma tidak akan mengagetkan perut yang telah berpuasa seharian. Buah kurma yang kita konsumsi akan mengeluarkan zat yang mengaktifkan sistem pencernaan yang telah beristirahat selama berpuasa.

3. Sumber energi
Mengkonsumsi kurma pada saat berbuka puasa adalah pilihan yang tepat. Kandungan glukosa dan fruktosa yaang terdapat dalam buah kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh kembali bugar setelah seharian menjalani puasa.

4. Cegah sembelit
Terkadang kita mengalami gangguan pencernaan selama berpuasa, hal ini disebabkan oleh kekurangan serat dalam tubuh. Serat larut dan asam amino yang terdapat pada kurma bermanfaat untuk membantu sistem meringankan kerja sistem pencernaan kita.

5. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
Kurma dapat menyeimbangkan tingkat keasaman darah yang cenderung meningkat saat berbuka. Biasanya peningkatan keasaman darah ini karena konsumsi daging dan karbohidrat ketika makan saat berbuka puasa.
 

Nah, itulah 5 manfaat yang kita dapatkan jika kita mengkonsumi buah kurma secara rutin. (Intisari-online/Wahyuni Sahara)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com