Apakah Kebutuhan Nutrisi Pria dan Wanita Berbeda?

Kompas.com - 06/06/2016, 17:12 WIB
Thinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan nutrisi pria dan wanita. Setiap orang pasti berbeda, dan faktor-faktor seperti ukuran tubuh, massa otot, aktivitas fisik, dan penyakit, akan membuat kebutuhan nutrisi kita ikut berubah.

Karena pria secara umum memiliki badan lebih besar dari wanita, maka mereka juga butuh nutrisi lebih banyak. Selain itu, mereka butuh energi yang juga lebih besar karena massa tubuhnya lebih besar.

Pada wanita, kebutuhan nutrisi mereka juga mengalami perubahan seiring dengan tahapan hidup. Misalnya saat kehamilan, menyusui, dan juga menopasue, tentu kebutuhannya berbeda.

Berikut adalah beberapa faktor pembeda dalam kebutuhan nutrisi kaum adam dan hawa.

1. Energi
Pria bukan hanya butuh energi lebih banyak karena tubuh mereka yang lebih besar, tapi juga secara alami otot pria lebih banyak, sementara wanita memiliki lebih banyak lemak. Otot akan dimetabolisme lebih aktif dibanding lemak sehingga mereka cenderung butuh lebih banyak kalori.

2. Protein
Secara umum, pria juga butuh protein lebih dari wanita. Pada pria dan wanita, protein memiliki kebutuhan 15 persen dari total kalori harian. Pada mereka yang ingin membangun otot tentu kebutuhannya lebih tinggi lagi.

Asupan kalori yang tinggi, baik pada pria atau wanita, bisa berakibat pada pengeluaran kalsium lebih banyak lewat urine. Pada pria, hal ini bisa memicu batu ginjal, dan wanita beresiko osteoporosis.

3. Karbohidrat dan serat
Sekali lagi, pria butuh karbohidrat lebih tinggi karena kebutuhan energinya juga besar. Agar lebih sehat, konsumsi karbohidrat kompleks dan penuhi kebutuhan serat tubuh lewat sayur, buah, dan kacang-kacangan. Pria juga butuh serat lebih tinggi, sekitar 38 gram, sedangkan wanita 25 gram.

4. Lemak
Konsumsi lemak seharusnya dalam skala moderat, sekitar 30-35 persen dari total kalori. Kebutuhan pria dan wanita sama, dan sebaiknya pilih dari sumber yang sehat seperti minyak zaitun, ikan laut dalam, atau daging unggas tanpa lemak.

5. Kalsium
Kalsium merupakan nutrisi yang lebih penting bagi wanita ketimbang pria. Ini karena kaum hawa lebih rentan mengalami kerapuhan tulang. Konsumsi makanan mengandung kalsium tinggi bisa mengurangi risiko tersebut.

Pada pria, konsumsi kalsium yang terlalu tinggi justru bisa meningkatkan risiko kanker prostat.

6. Zat besi
Ini juga mikronutrien yang lebih diperlukan kaum wanita dibanding pria karena wanita akan kehilangan banyak zat besi dari darah selama menstruasi. Wanita perlu 18 mg zat besi perhari, sementara pria hanya 8 mg.



EditorLusia Kus Anna

Close Ads X